Sukses

Hasil Piala Dunia 2022 Qatar vs Ekuador: Enner Valencia Permalukan Tuan Rumah

Ekuador memberi pelajaran pada tuan rumah Qatar pada laga pembuka Piala Dunia 2022. Enner Valencia dan kawan-kawan menang 2-0 di Stadion Al Bayt, Senin (21/11/2022) dini hari WIB.

Liputan6.com, Al Khor - Ekuador memberi pelajaran pada tuan rumah Qatar pada laga pembuka Piala Dunia 2022. Enner Valencia dan kawan-kawan menang 2-0 di Stadion Al Bayt, Senin (21/11/2022) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Qatar tercatat sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama yang menderita kekalahan pada penampilan pertama sepanjang sejarah turnamen.

Valencia jadi bintang dengan memborong gol kemenangan La Tri pada laga yang disiarkan langsung SCTV dan Moji, serta juga dapat disaksikan melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola ini. Dia bahkan bakal mencetak hattrick jika tandukannya di menit ketiga tidak dianulir karena offside.

Dari tendangan bebas Felix Torres, Valencia memasukkan bola ke gawang karena kesalahan kiper Saad Alsheeb. Beruntung bagi Qatar, video assistant referee mengintervensi. VAR membatalkan gol karena rekan setimnya dalam posisi tidak sah.

Keputusan ini tidak memengaruhi semangat Ekuador. Mereka mendominasi bola dan mengurung pertahanan Qatar.

Tekanan berbuah blunder Alsheeb. Dia melanggar Valencia di area terlarang. Valencia mengambil sendiri tugas sebagai algojo dan mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-16.

Ekuador makin bersemangat. Angelo Preciado melepas umpan silang yang disundul Valencia ke gawang. VAR kembali sempat memeriksa apakah adanya offside. Tapi kali ini gol disahkan. Skor 2-0 untuk Ekuador pada menit ke-31.

Laga terus berlanjut. Qatar sempat mendapat peluang melalui Almoez Ali jelang berakhirnya babak pertama. Sayang usahanya masih melebar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Ekuador membiarkan Qatar menguasai bola di awal babak kedua. Tapi keunggulan kualitas membuat mereka kembali mendominasi.

Sejumlah peluang didapat untuk memperbesar kemenangan. Romario Ibarra memaksa Alsheeb melakukan penyelamatan di menit ke-55.

Waktu terus berjalan. Qatar gagal memberi ujian berarti bagi pertahanan Ekuador. Di sisi lain, mereka bisa meredam serangan sayap lawan sehingga Ekuador juga kesulitan.

Jeremy Sarmiento melewatkan peluang untuk menyumbang gol ketiga bagi El Tri. Sedangkan tendangan Mohammed Muntari menyambar sisi atas gawang Ekuador. Skor pun tidak berubah.

Ekuador selanjutnya menghadapi Belanda, Jumat (25/11/2022). Sementara Qatar bersua Senegal di hari yang sama.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Qatar (5-3-2): Saad Alsheeb; Pedro Miguel, Boualem Khoukhi, Bassam Hisham, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Abdulaziz Hatem, Hassan Alhaydos (Mohammed Waad 72), Karim Boudiaf; Akram Afif, Almoez Ali (Mohammed Muntari 72)

Ekuador (4-4-2): Hernan Galindez; Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Pervis Estupinan; Gonzalo Plata, Jhegson Mendez, Moises Caicedo (Alan Franco 90), Romario Ibarra (Jeremy Sarmiento 68); Enner Valencia (Jose Cifuentes 77), Michael Estrada (Kevin Rodriguez 90)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.