Sukses

Luis Milla Yakin Luis Enrique Bawa Spanyol Berjaya di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Spanyol tidak menempati barisan terdepan dalam daftar unggulan juara Piala Dunia 2022 di Qatar, tetapi La Furia Roja, diyakini memiliki kemampuan untuk kembali mengangkat trofi seperti pada Piala Dunia 2010.

Pendapat itu disampaikan pelatih Persib Bandung, Luis Milla Aspas, yang sempat mencicipi 3 kali caps bersama Timnas Spanyol. Dia cukup yakin Luis Enrique yang sempat rekan bermain di Real Madrid bakal membawa Spanyol berjaya di Piala Dunia 2010.

Luis Milla melihat Enrique mampu mengelola Timnas Spanyol dengan baik dan itu akan menjadi kunci bagi La Furia Roja untuk kembali menjadi raja di Piala Dunia.

"Luis Enrique merupakan pelatih yang bagus dan punya materi pemain yang bagus, itu jadi modal penting bagi Spanyol," kata Luis Milla, Kamis 17 November 2022.

Meski cukup kompetitif, tetapi Luis Milla menyoroti kekuatan di lini belakang Spanyol dan menilai barisan bek kurang berpengalaman. Itu tak lepas dari tidak dipanggilnya Sergio Ramos dan David de Gea.

"Pemain-pemain di pertahanan, memang kurang berpengalaman. Tetapi itu tidak perlu diperdebatkan karena pemain yang dipilih oleh Luis Enrique sesuai dengan kebutuhannya," ujar Luis Milla.

Pelatih berusia 56 tahun itu, menyebut tiga negara akan jadi pesaing berat Spanyol dalam upaya meraih trofi Piala Dunia kedua.

"Negara lain yang berpeluang ke semifinal adalah Brasil, Argentina, Prancis dan Spanyol," kata Luis Milla.

Piala Dunia 2022 yang digelar mulai Minggu 20 November 2022, akan jadi panggung pertama Luis Enrique sebagai pelatih. Saat jadi pemain, Enrique tampil di tiga Piala Dunia pada 1994, 1998 dan 2002.

Sejak mengendalikan Timnas Spanyol dari November 2019, Luis Enrique total memimpin La Furia Roja dalam 35 kali pertandingan, dengan meraih 19 kali kemenangan, 12 kali imbang dan 4 kali kalah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bikin Kecewa Sergio Ramos

Meski diyakini akan membawa Spanyol hingga partai puncak Piala Dunia 2022, tetapi sorotan tetap diarahkan kepada Luis Enrique karena tak memanggil Sergio Ramos dan David de Gea.

Sergio Ramos harus menerima kenyataan pahit tak bisa tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya bek andalan Paris Saint Germain ini tak dipanggil oleh Timnas Spanyol untuk bertarung di ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Pelatih La Furia Roja, Luis Enrique sudah mengumumkan skuad yang berangkat ke Qatar pada 11 November 2022 lalu.

Dalam daftar pemain yang dipanggil cukup mengagetkan karena sejumlah nama top tidak disertakan. Salah satunya tidak ada nama Sergio Ramos.

Hal ini cukup membingungkan sebab Ramos terbilang masih berambisi untuk membela negaranya. Di satu sisi, Ramos juga tampil apik musim ini bersama Paris Saint Germain.

Terbukti dia turun 19 kali di segala ajang bersama PSG. Hal tersebut lah yang sempat membawanya masuk ke daftar sementara skuad Spanyol Piala Dunia

Tapi hasil final berkata lain. Alasan yang paling masuk akal untuk tidak memanggilnya adalah soal usia yang terbilang uzur, 36 tahun.

Tak masuk Piala Dunia 2022, Ramos pun meratapi nasibnya. Perasaan tersebut dituangkan Ramos melalui akun media sosial instagram pribadinya pada Senin 14 November 2022.

"Musim lalu adalah musim sulit karena cedera dan juga saya beradaptasi dengan klub berbeda. Saya bekerja dalam tubuh untuk pulih dan merasakan diri saya lagi," tulis Ramos.

"Piala Dunia? Tentu saja, itu adalah salah satu impian besar yang harus dia penuhi. Itu akan menjadi yang kelima, tapi sayangnya saya harus menontonnya dari rumah. Saya mendoakan yang terbaik buat kamu. Ayo Spanyol!," lanjut dia.

 

3 dari 5 halaman

Penjelasan Luis Enrique

Untuk diketahui Ramos melakukan debut bersama Spanyol pada tahun 2005 lalu dan sejauh ini dia sudah 180 kali membela La Furia Roja.

Prestasinya adalah membawa Spanyol menjadi kampiun Piala Dunia 2010 dan juara Piala Eropa sebanyak 2 kali.

Luis Enrique juga ditanyakan mengapa tidak memanggil Sergio Ramos. Padahal bek legendaris ini tampil bagus dengan PSG musim ini.

"Saya tak bisa menilai pemain yang tak ada dalam daftar," kata Enrique.

"Saya kenal mereka dan terima kasih untuk seluruh pemain yang sudah main di Spanyol dan berkontribusi. Hal paling penting yaitu 26 pemain yang ada sekarang," dia menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Skuad Spanyol

Kiper: Unai Simon (Athletic Club), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion), David Raya (Brentford).

Bek: Cesar Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Eric Garcia (Barcelona), Hugo Guillamon (Valencia), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Jordi Alba (Barcelona), Jose Gaya (Valencia).

Tengah: Sergio Busquets (Barcelona), Rodri (Manchester City), Gavi (FC Barcelona), Carlos Soler (PSG), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Pedri (Barcelona), Koke Resurreccion (Atletico Madrid).

Depan: Ferran Torres (Barcelona), Nico Williams (Athletic Club), Yeremi Pino (Villarreal), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Pablo Sarabia (PSG), Dani Olmo (RB Leipzig), Ansu Fati (Barcelona).

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Spanyol

Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2022 tergabung di Grup E bersama Jerman, Kosta Rika dan Jepang. Di atas kertas, Spanyol dan Jerman yang paling diunggulkan di grup ini, tetapi dua negara yang pernah juara dunia itu, tetapi harus mewaspadai potensi kejutan Kosta Rika dan Jepang.

Rabu, 23 November 2022

23:00 WIB - Spanyol vs Kosta Rika

Senin, 28 November 2022

02:00 WIB - Spanyol vs Jerman

Kamis, 2 Desember 2022

02.00 WIB - Jepang vs Spanyol.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS