Sukses

Sukses Permalukan MU, Unai Emery Siap Tancap Gas Bersama Aston Villa

Aston Villa berhasil mengalahkan Manchester United atau MU dengan skor 3-1 pada lanjutan Liga Inggris 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta Debut Unai Emery sebagai manajer baru Aston Villa memukau. Pelatih asal Turki tersebut sukses membawa Aston Villa menang 3-1 atas Manchester United (MU) di Villa Park, Minggu (6/11/2022). 

Bertanding di depan publik sendiri, Emery mengubah Villa yang sempat loyo menjadi tim yang mematikan. Baru 11 menit pertandingan berlangsung, tuan rumah sudah berhasil unggul 2-0 atas Setan Merah. Gol pertama dicetak oleh Leon Bailey pada menit ke-7 sebelum disusul gol Lucas Digne menit ke-11.

Kesalahan sempat dilakukan oleh Aston Villa sesaat sebelum turun minum. Jacob Ramsey menjebol gawangnya sendiri hingga membuat tim Setan Merah mampu memperkecil jarak menjadi 2-1. 

Kesalahan ini kemudian ditebus di babak kedua. Kali ini, Ramsey berhasil mencetak gol ke gawang yang tepat, yakni MU pada menit ke-49 sekaligus mengantar Aston Villa menang 3-1 atas Manchester United. 

Kemenangan ini membuat Aston Villa menempati urutan ke-13 pada papan klasemen sementara Liga Inggris dengan 15 poin. Sementara Manchester United tetap di tempat kelima dengan 23 poin. 

 

Selain itu, kemenangan ini juga tentu membari harapan baru bagi suporter Aston Villa. Sebab sebelumnya, tim kesayangan sangat akrab sekali dengan kekalahan. Puncaknya adalah, ketika tim kesayangan mereka kembali kalah 0-3 dari Fulham, pada 20 Oktober lalu. Setelah pertandingan, manajemen akhirnya memecat Steven Gerrard sebagai pelatih lalu menunjuk Unai Emery sebagai penggantinya. 

 

"Saya merasa istimewa bisa berada di sini dan memenangkan pertandingan melawan Manchester United," kata Unai Emery setelah pertandingan seperti dilansir dari Manchester Evening News.

"Saya sangat menikmati hari ini. Kami sangat fokus dengan rencana permainan. Dengan dukungan para suporter, kami sangat kuat," beber mantan pelatih Villarreal itu menambahkan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Gemilang

Emery didatangkan pada 24 Oktober 2022 usai menembus kontraknya dari Villarreal dengan biaya sebesar 6 juta euro. Meski demikian, pelatih asal Turki itu tidak langsung bertugas. Dia baru bisa mendampingi Aston Villa mulai 1 November lalu menunggu seluruh urusan administrasi kepindahannya rampung. 

Kemenangan atas MU menjadi tiga poin pertama yang dipersembahkan Emery kepada Aston Villa. Hasil ini semakin spesial karena jadi kemenangan kandang pertama Aston Villa atas MU sejak tahun 1995 lalu. 

Meski demikian, Emery tidak ingin terlena. Masih banyak pekerjaan yang menantinya. "Ini baru satu langkah dan kami harus mencapai keteraturan dan kami harus mencapai konsistensi di pertandingan berikutnya - di kandang dan tandang. Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan."

 

 

3 dari 4 halaman

Awal Perubahan

Suporter boleh saja terkesima dengan kemenangan atas MU. Namun jalan kompetisi masih panjang. 

Apalagi Aston Villa yang saat ini menempati urutan ke-13 masih berjarak 3 poin dari zona degradasi. Artinya, posisi tim asal Birmingham tersebut belum sepenuhnya aman. 

"Saya percaya pada para pemain ini, dan saya tahu mereka pernah tampil buruk. Kami harus menciptakan keteraturan dengan cara kami, tapi kadang-kadang mereka menunjukkan kapasitasnya," kata Emery. 

“Mereka mungkin telah melakukan itu sebelumnya, tetapi kami harus bermain dengan teratur, konsisten, disiplin, terorganisir, dan saya pikir kami membuat langkah pertama hari ini,” beber Emery. 

4 dari 4 halaman

Posisi Aston Villa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Aston, Brimingham.
    Klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Aston, Brimingham.

    Aston Villa

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Unai Emery