Sukses

Wonderkid Alejandro Garnacho Pecahkan Rekor Abadi MU yang Bertahan 58 Tahun

Alejandro Garnacho sukses memecahkan rekor yang sudah bertahan begitu lama di buku sejarah milik MU.

Liputan6.com, Jakarta- Wonderkid Alejandro Garnacho jadi buah bibir saat Manchester United melawan Real Sociedad di matchday terakhir fase grup Liga Europa 2022/2023. Pemuda Argentina itu menjadi penentu kemenangan 1-0 MU pada Jumat (4/11/2022) dini hari WIB.

Garnacho mencetak gol tunggal kemenangan MU pada saat laga berjalan 17 menit. Mendapat umpan terobosan dari Cristiano Ronaldo, pemuda 18 tahun itu dengan dingin melakukan solo-run meski ditempel satu pemain Sociedad. Garnacho kemudian menyelesaikannya dengan sepakan kaki kiri keras dari dalam kotak penalti.

Gol ke gawang Sociedad merupakan torehan pertama Garnacho di tim senior Manchester United. Garnacho mencetak gol debut pada usia 18 tahun dan 125 hari. Dia pun masuk buku sejarah MU.

Garnacho memecahkan rekor abadi yang dipegang legenda Setan Merah George Best selama 58 tahun. Garnacho kini menjadi pemain luar Inggris termuda yang mencetak gol untuk MU di kompetisi antarklub Eropa.

Best sebelumnya sangat lama memegang rekor pemain non-Inggris termuda yang bikin gol bersama MU di kompetisi Eropa berkat golnya ke gawang Djurgardens IF di tahun 1964 pada usia 18 tahun dan 158 hari.

Kiprah luar biasa Garnacho ini membuat fans MU berharap sang pemain benar-benar bisa mengikuti kisah sukses Best. Pemain asal Irlandia Utara itu mampu menjadi salah satu legenda MU setelah sukses di usia muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Best

Kebetulan Garnacho juga memiliki posisi bermain yang sama dengan Best yakni di sektor sayap. Best mengabdi di MU dari 1963 sampai 1974. Best main 470 kali dan membuat 179 gol untuk The Red Devils.

Ketergantungan alkohol merusak karier Best. Eks pemain Fulham itu wafat pada 25 November 2005 saat masih berusia 59 tahun.

3 dari 4 halaman

Beruntung

Karier Garnacho sungguh diliputi keberuntungan. Dia bisa menimba ilmu dari dua pesepakbola terbaik di planet ini. Cristiano Ronaldo saat bermain di MU dan Lionel Messi ketika dipanggil membela timnas Argentina.

Garnacho sudah mendapat panggilan dari timnas senior Argentina pada Maret 2022 lalu meski masih 17 tahun. Dia hanya ikut berlatih bersama skuad Argentina tapi belum pernah dimainkan.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Alejandro Garnacho

  • George Best