Sukses

Tak Cuma Lomba Lari, Labuan Bajo Marathon 2022 Hadirkan Pesta Rakyat

Ada pesta rakyat yang mengutamakan konten lokal di sela-sela lomba lari Marathon Labuan Bajo 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Lomba lari marathon terbesar di Indonesia Timur akan digelar di Labuan Bajo pada 29 Oktober 2022. IFG Labuan Bajo Marathon 2022 tak hanya menghadirkan lomba lari saja tapi turut menggelar Culinary and Cultural Festival serta festival budaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setelah dua tahun pandemi Covid-19.

Culinary and Cultural Festival merupakan bazar UMKM, yang melibatkan usaha kuliner dan kerajinan lokal setempat. Acara ini diselenggarakan di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai dari 27 hingga 29 Oktober 2022.

“Kami telah memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM dan memberi kesempatan pada mereka untuk memamerkan produknya di Culinary and Cultural Festival. Ini menjadi salah satu tujuan kami menggelar rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo,” ujar Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi TJSL, Rizal Ariansyah.

Selain bazar UMKM, juga digelar lomba dayung sebagai salah satu ajang meramaikan Labuan Bajo Marathon 2022 sekaligus upaya menggairahkan pariwisata di Labuan Bajo.

“Lomba dayung diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan budaya setempat serta membangkitkan semangat berprestasi,” tambah Rizal.

Rangkaian acara ini juga didukung penuh oleh pemerintah setempat. Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengharapkan, event ini dapat membangkitkan semangat warga untuk berprestasi di aneka cabang olah raga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan Positif

“Kami berterima kasih karena rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” ini benar-benar telah mengobarkan kembali semangat masyarakat Manggarai Barat untuk berkarya, dalam hal usaha maupun berprestasi di bidang olah raga. Ini terlihat dari antusiasme warga yang sangat tinggi untuk ikut dalam lomba dayung maupun marathon nanti,” paparnya.

Sebelumnya, dalam rangka “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”, IFG juga telah menggelar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, sosial, dan lingkungan. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Uskup Ruteng, Monsinyur Siprianus Hormat, Pr, yang menekankan pada pentingnya pengembangan aspek sosial budaya masyarakat Labuan Bajo.

“Keuskupan menyambut baik dan berterima kasih atas adanya rangkaian kegiatan sosial yang menjadi bagian pelaksanaan “IFG Labuan Bajo Marathon 2022”. Semoga kegiatan yang telah dilakukan seperti kegiatan bersih-bersih pantai dan edukasi antisampah plastik, bisa mengedukasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Labuan Bajo,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Beberapa Kategori Lari

Labuan Bajo Marathon 2022” digelar Sabtu, 29 Oktober 2022 mendatang. Lebih dari 1.200 peserta akan berlomba di kategori Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, 5K, serta lomba kelompok Ekiden (estafet 5K) dan Kids Dash 100M.

Ajang marathon ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. "Seperti kita ketahui bersama, dua tahun terakhir, semua sektor terdampak pandemi, termasuk pariwisata, sehingga gerak roda ekonomi melambat. Ini menjadi momentum untuk kembali menggairahkan pariwisata dan perekonomian di Labuan Bajo,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.