Sukses

MU Terancam Kehilangan Rp 176 Miliar Jika Putus Kontrak Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo masih terikat kontrak hingga musim panas 2023 dengan opsi tambahan 12 bulan. Jika MU memutus kontrak bintang Portugal itu, maka akan kehilangan Rp 176 miliar.

Liputan6.com, Manchester - Sejak mencoba dan gagal meninggalkan Manchester United selama musim panas 2022, Cristiano Ronaldo kini hanya menjadi pemain kecil di bawah Erik ten Hag. Sejak ahli strategi asal Belanda tersebut menduduki kursi manajer, pesepak bola berusia 37 tahun ini lebih banyak jadi penghuni bangku cadangan.

Ketegangan mencapai titik tertinggi saat Ronaldo dicadangkan dalam laga MU kontra Tottenham Hotspur pada Kamis, 20 Oktober lalu. Ia meninggalkan bangku cadangan dan menuju ke terowongan sebelum pertandingan berakhir.

Ten Hag kemudian mengonfirmasi pemenang Ballon d'Or lima kali itu menolak main sebagai pemain pengganti. Ronaldo kemudian dikeluarkan dari skuad Man Utd pada laga melawan Chelsea yang berakhir 1-1 di Stamford Brigde, London, Sabtu (22/10) lalu.

Spekulasi tentang langkah karier Ronaldo berikutnya semakin meningkat setelah drama Tottenham. Ada rumor yang berkembang bahwa superstar asal Portugal itu tidak akan berada di Old Trafford untuk musim 2023-2024.

Ten Hag sudah menegaskan bahwa dia mengandalkan Ronaldo untuk sisa musim ini. Tapi, kepergian di jendela transfer Januari 2023 atau pergi dengan status bebas transfer telah diperdebatkan.

Ronaldo masih terikat kontra hingga 2023 dengan opsi tambahan 12 bulan. The Sun mengklaim Man Utd bakal mendapat pukulan finansial besar jika mereka mengakhiri kontrak mantan bintang Real Madrid tersebut.

Jika MU memutus kontrak bintang Portugal tersebut, maka akan kehilangan 10 juta pound atau sekitar Rp 176 miliar. Laporan itu juga mengklaim Ronaldo bakal mendapat gaji sekitar 9,6 juta juta pound jika menyelesaikan kontraknya.

Setan Merah akan diminta untuk membayar jumlah tersebut sebagai paket pesangon. Angka itu juga bisa naik berdasarkan penempatan liga atau trofi yang dimenangkan.

Namun ada opsi alternatif untuk MU, yang mungkin bisa mengakhiri kontraknya tanpa membayar sepeser pun. Yaitu jika penolakan Ronaldo bermain melawan Tottenham merupakan pelanggaran kontrak.

MU juga seharusnya menerima transfer gratis untuk Ronaldo jika pembayaran yang dikurangi secara signifikan dimasukkan dalam langkah tersebut, setelah mengalah pada sikap 20 juta pound mereka dari musim panas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Opsi terbatas

Opsi Cristiano Ronaldo pindah ke klub lain agar dapat bermain di Liga Champions tampaknya terbatas. Chelsea dikabarkan sedang mempertimbangkan langkah di jendela transer Januari 2023 untuk eks pemain Real Madrid dan Juventus itu.

Pemilik baru Chelsea Todd Boehly diduga ingin mencapai kesepakatan untuk Ronaldo pada musim panas 2022. Tapi, manajer The Blues saat itu Thomas Tuchel menolak kesepakatan tersebut.

Namun, Boehly sekarang bisa mencoba lagi mendapatkan tanda tangan Ronaldo. Namun, tidak diketahui sikap manajer baru Chelsea, Graham Potter, terkait dengan rencana tersebut.

Selain Chelsea, Manchester United diduga telah menerima satu tawaran konkret untuk pemenang Ballon d'Or lima kali itu pada musim panas lalu. Al-Hilal siap membayarnya dengan gaji besar untuk pindah ke Arab Saudi.

Tetapi, Ronaldo sepertinya tidak tertarik dengan tawaran tersebut. Karena, dia hanya ingin bermain untuk klub yang berkompetisi di Liga Champions Eropa.

 

3 dari 4 halaman

Kembali ke skuad?

Cristiano Ronaldo sudah mencetak dua gol serta membuat satu assist dalam 12 penampilan untuk Manchester United di Liga Inggris dan Liga Europa sejauh musim ini. Dia baru bermain hanya 340 menit buat Setan Merah.

Ronaldo akan kembali berlatih dengan MU pada Senin, 24 Oktober 2022. Penyerang berusia 37 tahun itu akan kembali masuk skuad Setan Merah untuk laga melawan Sheriff Tiraspol dalam laga lanjutan Liga Europa pada 28 Oktober.

Namun, masih harus dilihat apakah Ronaldo akan kembali ke skuad untuk pertandingan tersebut?

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Ronaldo

  • Berita Bola

Video Terkini