Sukses

Klasemen Liga Inggris: Arsenal Tinggalkan Man City, MU Gagal Dekati 4 Besar

Arsenal bertahan di puncak klasemen Liga Inggris 2022/2023 setelah menaklukkan Leeds United 1-0 di Elland Road, Minggu (16/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal bertahan di puncak klasemen Liga Inggris 2022/2023 setelah menaklukkan Leeds United 1-0 di Elland Road, Minggu (16/10/2022). Mereka meninggalkan juara bertahan Manchester City yang terpeleset.

Kemenangan tersebut membuat pasukan Mikel Arteta mengoleksi 27 poin dari 10 laga. Mereka unggul empat angka atas Man City yang menderita kekalahan perdana di Anfield. The Citizens tumbang 0-1 akibat gol Mohamed Salah pada menit ke-76.

Gol tunggal Bukayo Saka membantu The Gunners memenangkan pertandingan melawan Leeds. Saka mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-35. Torehan tersebut melanjutkan performa impresif yang ditunjukkannya belakangan ini. Pekan lalu Saka membuat dua gol saat Arsenal menaklukkan Liverpool 3-2.

Kontroversi terjadi jelang laga berakhir. Wasit semula mengganjar bek Arsenal Gabriel Magalhaes kartu merah dan memberi penalti usai bentrok dengan Patrick Bamford. Namun, usai intervensi VAR, Magalhaes cuma mendapat kartu kuning dan penalti dibatalkan. 

Skor pun tidak berubah pada pertandingan yang molor akibat padamnya listrik ini. The Gunners tetap unggul 1-0.

Pada duel di Anfield, tim tamu merasa sudah memimpin ketika Phil Foden meneruskan bola muntah di babak kedua. Namun, VAR mengintervensi dan menemukan pelanggaran Erling Haaland terhadap Fabinho sebelum gol tercipta. Wasit Anthony Taylor pun menganulir.

Kedua tim kembali saling melancarkan pukulan. Sempat digagalkan Ederson Moraes, Mohamed Salah akhirnya mencatatkan nama di papan skor lewat serangan balik.

Laga berlangsung makin manas. Manajer Liverpool Jurgen Klopp pun diusir karena protes berlebihan. Di sisa waktu, tidak ada gol tercipta.

Arsenal semestinya bersua Man City pada beberapa hari ke depan. Namun, laga tersebut ditunda demi mengakomodir partisipasi Martin Odegaard dan kawan-kawan di Liga Europa. 

Alih-alih tampil di Premier League, Arsenal bakal menghadapi PSV Eindhoven. Partai tersebut semestinya berlangsung beberapa pekan silam, tapi dimundurkan menyusul meninggalnya Ratu Elizabeth II.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persaingan 4 Besar

Pada laga lain, Manchester United (MU) dibuat frustasi oleh Newcastle United. Setan Merah harus puas bermain tanpa gol di Old Trafford, Minggu (16/10/2022).

Tuan rumah gagal menciptakan peluang berarti di babak pertama. Justru Newcastle mendapat kesempatan emas. Sayang tandukan Joelinton mengenai mistar dan tiang gawang secara beruntun.

Setan Merah meningkatkan tensi selepas jeda. Beberapa permintaan penalti atas sejumlah tekel di kotak terlarang diabaikan wasit Craig Pawson. Tendangan Fred dalam kondisi gawang kosong masih melebar.

Begitu pula tandukan pemain pengganti Marcus Rashford pada injury time yang melenceng. Man Utd vs Newcastle pun berakhir imbang.

Hasil ini membuat MU tertahan di peringkat lima klasemen sementara Premier League. Pasukan Erik ten Hag memiliki 16 poin dari sembilan pertandingan, unggul satu nilai atas Newcastle.

Di tempat terpisah, Chelsea melanjutkan momentum positif bersama Graham Potter. The Blues menaklukkan tuan rumah Aston Villa 2-0 lewat gol Mason Mount ('6, 65).

Kemenangan ini memantapkan posisi Chelsea di peringkat empat. Klub London Barat tersebut memiliki 19 poin dari sembilan laga.

3 dari 4 halaman

Peringkat

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan Pekan Ini

Sabtu, 15 Oktober 2022

Brentford vs Brighton & Hove Albion: 2-0

Leicester City vs Crystal Palace: 0-0

Fulham vs Bournemouth: 2-2

Wolverhampton Wanderers vs Nottingham Forest: 1-0

Tottenham Hotspur vs Everton: 2-0

 

Minggu, 16 Oktober 2022

Southampton vs West Ham United: 1-1

Leeds United vs Arsenal: 0-1

Manchester United vs Newcastle United: 0-0

Aston Villa vs Chelsea: 0-2

Liverpool vs Manchester City: 1-0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.