Sukses

16 Tim Bertarung di Media Cup 2022, Memperebutkan Piala Menpora

Liputan6.com, Jakarta- Mulai membaiknya kondisi pandemi virus corona Covid-19 di Indonesia membuat banyak turnamen olahraga dapat bergulir lagi. Tak hanya ajang profesional, turnamen olahraga antarmedia juga dapat dilaksanakan lagi.

Organisasi peliput sepak bola nasional, PSSI Pers akan menggelar turnamen sepak bola Media Cup 2022. Ajang ini akan memperebutkan Piala Menpora. Tagline-nnya adalah Juara Bersama Pemuda.

Turnamen sepak bola antarwartawan ini sempat terhenti selama pandemi virus corona Covid-19. PSSI Pers terakhir mengadakan turnamen sepak bola antarwartawan pada 2018 lalu. Saat itu Polda Pers yang menjadi juara.

Pada edisi kali ini, ada sedikit perubahan format di Media Cup. Bila 2018 mempertandingkan tim antarorganisasi wartawan, kali ini lebih menjanjikan, yakni antarmedia nasional.

Total ada 16 media peliput olahraga nasional akan ikut serta dalam Media Cup 2022 Supported by PStore. Emtek Grup dan Kapanlagi Youniverse juga akan ikut ambil bagian Media Cup 2022 dengan menurunkan tim Bola.com.

Media Cup 2022 akan berlangsung pada 6 dan 7 Oktober 2022 di Triboon Mini Soccer, Jakarta Selatan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Silaturahmi

"Alhamdulillah, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang sudah mendukung penuh turnamen ini. Media Cup 2022 hadir setelah kami melihat sudah cukup sangat lama kegiatan yang melibatkan media nasional tidak digelar," kata ketua panitia Media Cup 2022, Abdul Aziz.

PSSI Pers, lanjut dia, mencoba mencari terobosan baru. Turnamen ini, kata Aziz, dibuat tentu saja untuk menyambung silaturahmi dengan rekan-rekan jurnalis.

"Lalu acara ini juga digelar menjelang Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022. Saya pikir para jurnalis masih tetap berjiwa muda," jelas Aziz.

3 dari 4 halaman

Kemenpora

Digelarnya Media Cup 2022 diapresiasi oleh Kemenpora. Mereka menyebutkan bahwa turnamen antarmedia ini merupakan inovasi yang bagus untuk menambah kreativitas dan memperbanyak pengalaman para jurnalis, yang tak cuma meliput sepak bola, tapi merasakan atmosfernya pula.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh teman-teman jurnalis, terutama yang tergabung dalam Media Cup 2022. Terobosan ini sangat bagus dan kreatif. Teman-teman yang biasa meliput olahraga terutama sepak bola, kini dapat merasakan dan mendapatkan pengalaman bagaimana menggelar suatu acara sepak bola," ujar Deputi IV Kemenpora RI, Chandra Bhakti.

"Saya juga mengimbau para peserta agar menjaga sportivitas demi kelancaran turnamen ini. Selamat untuk PSSI Pers, selamat untuk Media Cup 2022. Semoga turnamen ini berjalan sukses," tutur Chandra.

4 dari 4 halaman

Kurniawan

Hal senada juga disuarakan oleh Ketua PSSI Pers, Randy Prasatya. Dia berpendapat bahwa Media Cup 2022 merupakan suatu momentum yang tepat bertemu dengan rekan-rekan peliput olahraga nasional lain yang acap disibukkan dengan agenda liputannya.

"Keseharian kami meliput dan memberitakan kegiatan olahraga. Kali ini, waktunya insan media yang menjadi subjek dalam berkompetisi di lapangan sepak bola dan bersaing menjadi yang terbaik dalam aspek olahraga. Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa pers dengan pemerintah dan swasta bisa berkolaborasi dalam hal positif, tentu dengan menjunjung nilai-nilai dari peran masing-masing pihak," imbuh Randy.

Digelarnya turnamen ini mendapatkan perhatian khusus dari legenda sepak bola nasional, Kurniawan Dwi Yulianto. Brand Ambassador Media Cup 2022 itu angkat topi dengan kreativitas para pewarta yang menggarap turnamen ini demi menjaga kekerabatan.

"Saya salut dengan teman-teman wartawan. Kreativitas rekan-rekan media seolah tidak ada batasnya. Saya berharap Media Cup 2022 dapat berjalan meriah dan dapat mempererat hubungan antarjurnalis. Sebab apa? Ini dari wartawan, oleh wartawan, dan untuk wartawan. Untuk para peserta, tetap jaga fair play dan kreativitas. Tunjukkan skill masing-masing. Jangan mau kalah dengan pemain yang sudah pensiun seperti saya," papar Kurniawan memungkasi.

Media Cup 2022 didukung sejumlah sponsor seperti PStore, Aice, Mills, PT Liga Indonesia Baru, BRI, Hydro Coco, Nendia Primarasa, Soka, Specs, Wahana Alam Parung, Mitra Orphys Sports Clinic, PSSI Pers, dan Triboon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.