Sukses

6 Pemain Tersubur Prancis, No 4 Pernah Membela Kuwait

Liputan6.com, Jakarta Timnas Prancis masih tercatat sebagai salah satu tim paling terkenal di dunia sepak bola. Mereka telah menghasilkan beberapa pesepak bola terhebat dalam sejarah.

Contohnya adalah Zinedine Zidane yang masih dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya. Belum lagi Michel Platini, hingga Just Fontaine yang merupakan legenda Piala Dunia.

Ada pula penyerang klinis seperti Jean-Pierre Papin, David Trezeguet, dan Thierry Henry. Mereka semua telah mengukir namanya di panggung termegah sepak bola.

Selain itu, pemain seperti Karim Benzema dan Kylian Mbappe telah menjadi idola baru kaum milenial. Mereka telah menghabiskan banyak waktu mereka di lapangan untuk merayakan gol.

Tapi, siapa penyerang paling mematikan yang pernah dimiliki Prancis? Mari kita lihat para legenda yang memimpin daftar pencetak gol sepanjang masa mereka!

 

1. Thierry Henry | 51 gol

Salah satu pemain terhebat yang pernah dilihat Prancis, Henry adalah pencetak gol terbanyak mereka di panggung internasional.

Dia melakukan debut internasionalnya melawan Afrika Selatan pada 1997 dan mencetak gol pertamanya bersama Prancis melawan timnas yang sama dalam kemenangan 3-0 pada 1998.

Dengan total 123 caps, Henry melanjutkan dengan mencetak total 51 gol untuk timnas Prancis.

 

2. Olivier Giroud | 49 gol

Pemenang Piala Dunia 2018, namun sangat mungkin striker paling diremehkan dari generasinya.

Olivier Giroud melakukan debutnya untuk Prancis melawan AS pada November 2011 dan mencetak gol pertamanya untuk Prancis dalam kemenangan 2-1 melawan Jerman.

Kontribusi terpenting dalam karier internasionalnya adalah membantu Kylian Mbappe untuk gol keduanya dalam kemenangan 4-3 melawan Argentina di Piala Dunia 2018.

Giroud telah mencetak total 49 gol untuk Prancis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Dari Patah Kaki hingga Juara Piala Dunia 2018

3. Antoine Griezmann | 42 gol

Setelah mengalami patah hati yang luar biasa di final melawan Portugal di Euro 2016, di mana dia berakhir sebagai pemenang Sepatu Emas, Griezmann menjadikan misi pribadinya untuk memimpin Prancis meraih kejayaan Piala Dunia 2018 - dan dia melakukannya dengan penuh keyakinan.

Pemain Prancis itu tampil dengan momen-momen penting sepanjang turnamen, tidak ada yang melebihi penampilannya di final melawan Kroasia karena dia terlibat dalam hampir semua gol yang dicetak Prancis dalam kemenangan 4-2.

Griezmann telah mencetak 42 gol dan memberikan 32 assist untuk Prancis hingga saat ini.

 

4. Michel Platini | 41 gol

Salah satu kapten terhebat dalam sejarah sepak bola Prancis, Michel Platini memimpin Prancis memenangkan Kejuaraan Eropa pada 1984, mencetak gol penting melawan Spanyol di final.

Pemenang Ballon d'Or itu mencetak 41 gol dalam 72 penampilan untuk Prancis sebelum pensiun pada 1987.

Fakta unik tentang Platini adalah dia keluar dari masa pensiun selama satu hari pada 27 November 1988. Bukan membela Prancis, tapi mewakili Kuwait atas permintaan Emir Kuwait.

3 dari 3 halaman

Pensiun Usai Bikin Momen Paling Diingat dalam Sejarah Sepak bola

6. David Trezeguet | 34 gol

Bagian dari tiga kali Piala Dunia untuk Prancis pada 1998, 2002, dan 2006. David Trezeguet memenangkan trofi yang didambakan pada penampilan pertamanya di turnamen.

Selama delapan tahun masa jabatannya untuk tim nasional, dia mencetak 34 gol dalam 71 penampilan, dengan gol emasnya di final Euro 2000 melawan Italia menjadi sorotan yang tak terbantahkan.

Momen terendah dalam kariernya bersama Prancis tiba ketika sang striker masuk sebagai pemain pengganti di final Piala Dunia 2006 melawan Italia.

Pertandingan berlanjut ke adu penalti dan Trezeguet adalah satu-satunya pemain dari kedua tim yang gagal melakukan tendangan penalti.

 

7. Zinedine Zidane | 31 gol

Salah satu pemain terhebat sepanjang masa, Zinedine Zidane, melakukan debut Prancis melawan Republik Ceko pada 1994. Dia mencetak dua gol untuk membantu Prancis mengamankan hasil imbang 2-2.

Setelah Eric Cantona diskors selama satu tahun pada Januari 1995 karena menyerang seorang penggemar, Zidane dipromosikan menjadi playmaker Prancis.

Dia membuat 108 penampilan untuk Prancis, mencetak 31 gol dan memenangkan Piala Dunia pada 1998, suatu prestasi yang membuatnya memenangkan Ballon d'Or tahun itu.

Orang Prancis itu juga merupakan kunci kemenangan Prancis di Kejuaraan Euro pada 2000.

Karier internasional Zidane berakhir dengan cara yang paling dramatis saat dia menanduk Marco Materazzi di final Piala Dunia 2006 melawan Italia, yang menyebabkan kartu merah.

Dia pensiun dari sepak bola profesional setelah pertandingan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.