Sukses

Pede Abis, Pedri Tegaskan Spanyol Favorit Juara Piala Dunia 2022

Dengan kemunculan sejumlah talenta, Pedri percaya bahwa Spanyol adalah salah satu favorit juara Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Timnas Spanyol Pedri menegaskan timnya merupakan salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan kemunculan sejumlah talenta, Pedri percaya Spanyol akan keluar dari masa kelam.

Spanyol akan memulai kampanye Piala Dunia mereka melawan Kosta Rika. Pedri tidak melihat alasan mengapa timnya tidak dapat merebut gelar keduasepanjang sejarah.

"Mungkin orang tidak berharap banyak dari kami, mereka tidak melihat kami sebagai favorit. Tetapi di dalam hati, kami melihat diri sendiri sebagai favorit," kata Pedri kepada Sport.

Pedri meyakini, dengan usaha keras dan kerja sama di dalam tim, kesempatan untuk menjadi juara dunia akan terbuka lebar.

“Kami tidak akan memakai medali tanpa melakukan apa-apa. Jika kami bekerja sebagaimana mestinya, kesempatan akan datang," katanya.

Sejak menjadi juara pada Piala Dunia 2010 lalu, Spanyol telah mengalami penurunan performa. Mereka tersingkir di babak penyisihan grup pada Piala Dunia 2014. Kemudian tersingkir di babak 16 besar, usai kalah adu penalti dari tuan rumah Rusia pada Piala Dunia 2018.

Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama kali dalam sejarah yang berlangsung pada musim dingin. Pun, menjadi yang pertama berlangsung di kawasan Timur Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemain Kunci Barcelona dan Spanyol

Pedri, yang genap berusia 20 tahun pada November mendatang, telah menjalani 12 pertandingan internasional senior dan membuktikan dirinya sebagai pemain kunci untuk Barcelona.

“Selalu ada tekanan di Barca dan tim nasional. Anda harus mencoba menuasai diri, tenang dan menikmati," kata Pedri.

"Di sini dan di Barça kami memiliki tim untuk segalanya. Kami bekerja agar di akhir musim kami bisa memenangkan semua yang kami mainkan," ujarnya, menambahkan.

3 dari 5 halaman

Tenaga Muda Spanyol

Pada Piala Dunia 2022, Spanyol tergabung di Grup E bersama Jerman, Kosta Rika, dan Jepang. Grup ini bisa dibilang sebagai 'Grup Neraka'. Sebab, di sana berisi dua tim yang pernah menjadi juara dunia yakni Spanyol dan Jerman.

Spanyol merupakan juara Piala Dunia 2010, sedangkan Jerman adalah kampiun edisi 2014.

Timnas Spanyol akan memulai kiprah pada Piala Dunia 2022 dengan melawan Kosta Rika di Stadion Al Thumama, Doha, pada 23 November mendatang.

Komposisi skuad La Roja saat ini dihuni oleh para pemain muda potensial semisal Pedri, Gavi, dan Dani Olmo. Dengan pemain-pemain muda tersebut, Spanyol bisa menembus semifinal Euro 2020 yang digelar tahun lalu.

 

4 dari 5 halaman

UEFA Nations League

Spanyol bakal menghadapi Swiss dan Portugal di UEFA Nations League. Ajang ini sebaga persiapan terakhir La Roja jelang Piala Dunia 2022. Pelatih Spanyol Luis Enrique telah mengumumkan 25 nama pemain yang dipanggilnya untuk menghadapi dua laga tersebut.

Pengumuman dilakukan dengan cara yang unik. Enrique menyebut para pemain yang dipanggilnya tersebut dengan bersepeda dengan stafnya Aitor Unzue.

 

Kiper: Unai Simon (Athletic Bilbao), Robert Sanchez (Brighton), David Raya (Brentford)

Belakang: Jordi Alba (Barcelona), Pau Torres (Villarreal), Jose Gaya (Valencia), Diego Llorente (Leeds United), Eric Garcia (Barcelona), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid)

Tengah: Sergio Busquets (Barcelona), Rodri (Manchester City), Pedri (Barcelona), Koke (Atletico Madrid), Gavi (Barcelona), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Carlos Soler (Paris Saint-Germain), Hugo Guillamon (Valencia)

Depan: Borja Iglesias (Real Betis), Nico Williams (Athletic Bilbao), Pablo Sarabia (Paris Saint-Germain), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Yeremi Pino (Villarreal), Ferran Torres (Barcelona)

5 dari 5 halaman

Jadwal Spanyol di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022

23.00 WIB: Spanyol vs Kosta Rika - Stadion Al Thumama (Doha)

Senin, 28 November 2022

02.00 WIB: Spanyol vs Jerman - Stadion Al Bayt (Al Khor)

Jumat, 2 Desember 2022

02.00 WIB: Jepang vs Spanyol - Stadion Internasional Khalifa (Ar-Rayyan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.