Sukses

FC Barcelona Start Bagus di Liga Champions, Pesan Xavi Lewat Kertas untuk Ferran Torres Terungkap

FC Barcelona menorehkan kemenangan besar 5-1 atas Viktoria Plzen pada matchday pertama fase grup Liga Champions, Ferran Torres sumbang 1 gol.

Liputan6.com, Barcelona- Penampilan FC Barcelona di Liga Champions musim ini cukup menjanjikan. Robert Lewandowski dan kawan-kawan berhasil menang telak 5-1 atas klub Republik Ceko, Viktoria Plzen di Camp Nou, Kamis (8/9/2022) dini hari wib.

Hattrick Lewandowski, satu gol dari Franck Kessie dan Ferran Torres menyita perhatian. Namun ada hal menarik saat Pablo Torre main di menit ke-81 untuk gantikan Franck Kessie.

Eks Racing Santander ini ternyata membawa sebuah pesan dari Xavi hernandez untuk Ferran Torres. Pesan ditulis lewat secarik kertas.

Lalu apa isi pesan di kertas itu? 10 menit sebelumnya, Ferran Torres mencetak gol terakhir Barcelona. Gol fantastis ini pun dinominasikan sebagi gol terbaik di matchday 1 Liga Champions.

Usai pertandingan, xavi hernandez mengungkapkan apa yang sudah ditulisnya untuk Torres. Dia mengatakan ini hanya untuk mengkomunikasikan strategi dan posisi Torres di lapangan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Chuleta

 

Dalam istilah Spanyol, pesan lewat secarik kertas ini kerap disebut Chuleta. Secara harfiah, ini memiliki arti daging potong.

"Terkadang, Anda harus membuat perubahan strategi yang tak terduga dan cepat. Anda tak punya waktu untuk menjelaskan strategi saat bola mati misalnya," kata Xavi.

" Isi pesan itu soal posisi yang pemain harus pahami dalam sepersepuluh detik dan semua pemain harus paham dengan ide yang kami miliki."

 

3 dari 5 halaman

Gol Terbaik

 

Torres main sebagai pemain pengganti Ansu Fati di menit ke-65. Baru main 6 menit, dia sudah cetak gol indah hasil umpan dari Ousmane Dembele.

Gol ini dinominasikan sebagai gol terbaik di Liga Champions matchday pertama. Pemilihan dilakukan di situs UEFA.

Selain Gol Torres, ada 3 gol lainnya yang juga dinominasikan yaitu Gol Alejandro Grimaldo di laga Benfica vs Maccabi haifa, Kylian Mbappe saat lawan Juventus dan Leroy Sane di duel Inter vs Munchen.

4 dari 5 halaman

Rekor Lewandowski

Robert Lewandowski mencetak hattrick pada menit ke-34, 45 dan 67. Ini sekaligus mengantarkan Lewandowski melewati jumlah gol striker Real Madrid, Karim Benzema di daftar top skor sepanjang masa Liga Champions.

Lewandowski kini genap mencetak 89 gol atau unggul 3 gol dari Benzema. Ini juga menempatkan dia sebagai pemain paling produktif ketiga di Liga Champions di belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Barcelona memberi kesempatan kepada pemain yang jarang tampil untuk main lebih awal. Franck Kessie dan Frenkie de Jong dimainkan lebih awal.

Begitu juga Sergi Roberto dan ordi Alba yang sudah lama menjadi starter. Ansu Fati juga menjadi starter untuk mengisi posisi penyerang kiri.

Dengan formasi seperti ini, Barcelona berhasil mendominasi permainan lawan Plzen. Kemenangan ini sudah diprediksi mengingat perbedaan kelas antara Barca dan klub asal Republik Ceko ini.

5 dari 5 halaman

Pujian Xavi

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez pun langsung melemparkan pujian untuk Robert Lewandowski. Dia mengatakan Lewy, panggilan striker asal Polandia itu, seperti selalu lapar dengan gol.

"Robert seperti itu, dia tak pernah puas. Saya senang dengan bagaimana dia berlatih, bagaimana dia bantu teman-temannya," kata Xavi seperti dikutip sport.

"Dia rendah hati, dia disiplin dan melakukan tugas yang baik dalam menekan lawan. Saya tak hanya salut dengan hattricknya namun juga karena kerja kerasnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.