Sukses

Gokil, 12 Pesepeda Gowes dari Aceh ke Bali

Total ke-12 pesepeda menempuh jarak 4.000 kilometer dan melakukan secara estafet gowes dari Aceh ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta- 12 pesepeda Indonesia bergantikan gowes sepeda dari titik nol di Banda Aceh menuju Denpasar Bali. Rute terakhir diselesaikan Anne Luntungan dengan mengayuh sepeda dari Banywangi ke Denpasar yang menempuh jarak 211 kilometer.

Anne Luntungan mengendarai Spedagi, sepeda bambu karya Singgih Kartono. Aksi gowes jarak jauh ini dari titik nol ke Bali merupakan bagian dari proyek Journey from Zero atau JFZ. Total ke-12 pesepeda mengenjot sepeda menempuh jarak 4.000 kilometer.

Program bersepeda jarak jauh ini diawali dari Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, menuju Denpasar, Bali dengan sepeda yang dikendarai secara estafet oleh 12 pesepeda. Program ini ditujukan sekali lagi untuk menyebarkan kesadaran akan kualitas udara Indonesia dengan bersepeda.

Journey from Zero (JFZ) yang diinisiasikan oleh Journey to Zero (JTZ) yang berhasil menjajal jarak tempuh sejauh 4.000 km lebih belumlah berakhir. Dalam beberapa bulan kedepan, seluruh rangkaian perjalanan 12 rider dari Aceh hingga Bali akan dikemas dalam sebuah mini exhibition ke beberapa kota.

Memorabilia yang ingin ditunjukkan oleh tim Journey to Zero harapannya dapat diterima dan masyarakat dapat lebih memahami tujuan dari #JourneyfromZero yang telah diselenggarakan sejak bulan Juni tahun ini bersama teman-teman 12 pesepeda yang turut andil di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lanjutan

Di dalamnya, masyarakat akan mendapatkan gambaran bahwa sebuah upaya kolektif dari langkah kecil yang dibawa oleh para pesepeda dan seluruh pihak terkait di dalam perjalanannya pasti dapat menghasilkan dampak yang semakin besar pula jika dapat dilakukan secara konsisten lewat pameran memorabilia #JourneyfromZero nanti. Inisiasi ini harapannya akan diadakan di beberapa bulan kedepan dari bulan September 2022 di Kota Jakarta dan Jogja sebagai dua kota pertama.

Journey from Zero (JFZ) merupakan sebuah proyek kolaboratif bersama PT. Rimba Makmur Utama (RMU), pemilik dan pengelola inisiatif restorasi ekosistem Katingan Mentaya Project, dan Athletica Company (Athletica), perusahaan di industri olahraga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kampanye Kualitas Udara

“Acara ini dibuat dengan tujuan utama mengkampanyekan kepada masyarakat tentang kualitas udara Indonesia yang memprihatinkan. Kegiatan ini dimulai Tugu 0 Kilometer, Nanggroe Aceh Darussalam, dan berakhir di Kota Denpasar, Bali, dengan jarak tempuh total sekitar lebih dari 4.000 km,” jelas Syanne Luntungan Communiccation Manager PT. Rimba Makmur Utama.

“Harapannya lagi, melalui kegiatan bersepeda secara estafet ini, Kami dapat meningkatkan semangat masyarakat menuju Indonesia 0 emisi karbon,” tambah Syanne lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.