Sukses

Gagal Comeback di Cincinnati Masters 2022, Rafael Nadal Fokus Hadapi AS Terbuka

Rafael Nadal menyerah kepada Borna Coric, 7-6, 4-6, 6-3 pada babak kedua Cincinnati Masters 2022, Kamis pagi WIB (18/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta Comeback Rafael Nadal tidak berjalan mulus. Setelah lima tahun absen di ajang Cincinnati Masters, petenis asal Spanyol itu dipaksa pulang lebih awal saat kembali lagi pada tahun ini.

Sempat menjuarai turnamen yang sama pada tahun 2013, Nadal gagal bertahan setelah ditekuk Borna Coric, 7-6, 4-6, 6-3 pada babak kedua Cincinnati Masters 2022, Kamis pagi WIB (18/8/2022).

Nadal menyerah setelah bertarung selama dua jam 51 menit. Ini merupakan laga pertama Nadal setelah sebulan lalu mengundurkan diri akibat cedera perut pada semifinal Wimbledon melawan Nick Kyrgios.

"Jelas sekali, saya tidak menunjukkan permainan terbaik," kata Nadal usai laga seperti dikutip dari ATPtour.com. "Ini sesuatu yang bisa terjadi. Dalam sejarahnya, turnamen ini selalu sulit untuk saya."

Nadal mengaku belum sepenuhnya pulih setelah melewati periode yang berat dalam kariernya. Itu juga terlihat dari permainannya melawan Coric. Nadal mengaku banyak melakukan kesalahan sendiri. 

Menghadapi Coric, Nadal secara dramatis kehilangan dua set poin dalam tie-break set pertama. Nadal sempat bangkit, tapi Coric bermain lebih baik dan berhasil menuntaskan perlawanan Nadal

"Sulit untuk mengambil banyak hal positif, tetapi saya perlu berkembang,” kata Nadal.

"Saya perlu berlatih. Saya harus kembali lebih baik. Saya perlu berhari-hari [di lapangan], dan itulah kebenarannya. Jelas saya punya peluang di awal. Dalam tie-break saya memiliki dua peluang penting dengan dua set poin yang Saya bermain buruk dengan dua tembakan yang kurang lebih mudah," katanya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Rafel Nadal?

Rafael Nadal telah berusia 36 tahun. Pada tahun 2021 lalu, mantan petenis nomor 1 dunia itu sebelumnya sempat khawatir bakal pensiun setelah mengalami sakit yang cukup kronis di bagian kaki. Hanya saja, dia kembali bangkit dan memenangkan gelar Australia Terbuka dan Prancis Terbuka pada 2022. 

Sepanjang kariernya, Nadal mencatatkan rekor memenangkan 22 gelar Grand Slam dan rekor 14 gelar juara Prancis Terbuka. Pria kelahiran Mallocra tersebut juga telah memenangkan 92 gelar ATP, termasuk 36 gelar Master. Sebanyak 63 gelar tersebut berhasil direbut Nadal saat tampil di lapangan tanah liat.  

Dalam satu dekade terakhir, Nadal mendominasi tenis nomor tunggal putra bersama Roger Federer, dan Novak Djokovic. 

3 dari 4 halaman

Cedera di Wimbledon

Bulan lalu, Nadal sebenarnya punya kesempatan untuk menambah koleksi gelarnya setelah berhasil melaju ke semifinal Wimbledon 2022. Hanya saja, Nadal terpaksa merelakannya usai memilih mundur dari laga melawan Nick Kyrgios akibat mengalami cedera pada otot perutnya.

Keputusan ini membuat Kyrgios melaju mulus ke final.

Tanda-tanda cedera sudah terlihat saat Nadal bertarung melawan wakil AS, Taylor Fritz. Setelah berhasil memenangkan duel lima set, Nadal tampak kesakitan.

Dalam laporan berbagai media, Nadal diketahui mengalami robek otot perut sepanjang 7 milimeter. Nadal sempat ingin melanjutkan pertandingan, tapi dalam konferensi pers berikutnya, dia menyatakan mundur.

4 dari 4 halaman

Fokus Laga Berikutnya

Setelah meninggalkan Cincinnati Masters, fokus Nadal berikutnya adalah AS Terbuka. Lewat kejuaraan ini, Nadal berkesempatan kembali ke posisi teratas di ATP Rankings untuk kali pertama sejak awal 2020.

"Saya perlu bergerak maju dan mulai memikirkan energi yang diberikan penonton kepada saya di New York," kata Nadal.

"Saya tahu ini adalah tempat yang sangat istimewa bagi saya, dan saya menikmatinya. [Saya memiliki] momen tak terlupakan di sana, dan saya akan coba yang terbaik setiap hari untuk siap menghadapinya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.