Sukses

Baru Sebentar di Barcelona, Pierre-Emerick Aubameyang Sudah Diincar Chelsea

Liputan6.com, Jakarta- Chelsea kembali membuat pergerakan mengejutkan di jendela transfer musim panas tahun ini. Sang raksasa Liga Inggris kabarnya telah membuka pembicaraan dengan Barcelona terkait potensi kepindahan Pierre-Emerick Aubameyang.

Pemain internasional Gabon itu sejatinya baru saja didatangkan ke Camp Nou pada awal tahun 2022. Ia mencapai kesepakatan dengan klub asuhan Xavi Hernandez setelah mengakhiri kontraknya bersama Arsenal.

Di sisi lain, Chelsea pun sudah mendatangkan striker baru di bursa transfer. Klub yang finis di peringkat tiga klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022 itu sukses mengamankan jasa Raheem Sterling dari Manchester City.

Kendati demikian, Chelsea masih ingin menambah opsi penyerang dalam skuadnya usai gagal mendaratkan Robert Lewandowski di Stamford Bridge. Tim besutan Thomas Tuchel juga butuh pengganti Romelu Lukaku yang dipulangkan ke Inter Milan.

Jurnalis Fabrizio Romano melaporkan Chelsea telah mengidentifikasi Aubameyang sebagai target incaran baru di jendela transfer. Pemilik anyar The Blues Todd Boehly kabarnya sudah menggelar diskusi dengan petinggi Barcelona terkait rencana ini.

Daily Mail menyebut Chelsea belum mengajukan tawaran resmi untuk memboyong mantan kapten Arsenal dari Camp Nou. Walau begitu, hubungan Tuchel dan Aubameyang di Borussia Dortmund diyakini bakal memberi keuntungan bagi The Blues.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini bukan kali pertama Aubameyang dikaitkan dengan Chelsea. Pesepak bola berusia 33 tahun tersebut sempat dirumorkan bakal hijrah ke Stamford Bridge selama masa kepemimpinan eks manajer Frank Lampard.

Akan tetapi, Aubameyang lebih memilih bertahan di Emirates. Mantan penggawa Borussia Dortmund akhirnya dilepas secara gratis pada Januari lalu usai dirinya berselisih dengan juru taktik The Gunners Mikel Arteta.

Dilansir dari Daily Mail, Aubameyang pernah tidak bermain selama tiga bulan untuk Arsenal. Ban kaptennya pun ditarik oleh sang pelatih. Pemain kelahiran Prancis itu sebenarnya sudah memberi kontribusi apik bagi Meriam London.

Ia tercatat mampu membukukan 92 gol dalam 163 penampilan bersama Arsenal. Sayangnya, masa kerja Aubameyang di Emirates juga diwarnai berbagai pelanggaran kedisiplinan. Hal ini nampaknya membuat Arteta geram.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pindah ke Barcelona

Karier Aubameyang selamat setelah Barcelona merekrutnya di akhir jendela transfer Januari. Sang pemain kembali membuktikan kiprahnya di bawah asuhan Xavi, dengan mencetak 13 gol dari 23 penampilan, serta membantu Blaugrana merebut tiket ke Liga Champions.

Kedatangan Robert Lewandowski berpotensi membuat Aubameyang makin gemilang. Pasalnya, kedua pemain cukup moncer kala menjadi tandem di klub terdahulu.

Statistik membuktikan Lewandowski dan Aubameyang pernah menjadi pilar Borussia Dortmund pada musim 2013/2014. Mereka pun berhasil mencetak 44 gol bersama.

Tak heran jika Aubameyang menyambut baik kedatangan mantan rekan setimnya di Camp Nou. Sang pemain yakin dirinya bisa mempersembahkan koneksi paten bersama penggawa internasional Polandia. Apalagi mereka kini punya pengalaman main di klub lain.

4 dari 4 halaman

Malapetaka

Sayangnya, kedatangan Lewandowski juga bisa menjadi malapetaka buat Aubameyang. Laporan mengeklaim Barcelona kini kesulitan menyeimbangkan pembukuan mereka usai merekrut sejumlah pemain di bursa transfer musim panas.

Dilansir dari Mirror, Barca kabarnya rela melepas Pierre-Emerick Aubameyang ke Chelsea. Cara itu dinilai bisa membantu Blaugrana mengurangi jumlah tagihan mereka setelah mendatangkan Lewandowski, Jules Kounde, dan Raphinha ke Camp Nou.

Aubameyang sejatinya masih ingin tinggal di Barcelona. Xavi juga disebut belum rela berpisah dengan eks penggawa AC Milan. Namun, kedatangan pemain asal Polandia jelas bakal meningkatkan persaingan antarstriker untuk merebut tempat di tim utama.