Sukses

PBSI Gelar Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden Berhadiah Rp 1 Miliar Lebih

Liputan6.com, Jakarta PP PBSI menggelar kejuaraan bulu tangkis memperebutkan Piala Presiden 2022. Kejuaraan ini baru pertama kali diselenggarakan sejak induk oganisasi bulu nasional itu berdiri di Bandung pada 1951.

Piala Presiden bakal berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, 1 sampai 6 Agustus. Kejuaraan ini akan memperebutkan total hadiah Rp 1 miliar lebih.

"Ini sejarah baru di Indonesia, di mana digelar kejuaraan bulu tangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Upaya PP PBSI memperjuangkan kejuaraan Piala Presiden akhirnya bisa terwujud," tutur Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam konferensi pers di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/7) sore WIB.

Dalam visi-misi kepengurusan PBSI 2020-2024, Agung memang berambisi menggelar kejuaraan bulu tangkis memperebutkan Piala Presiden. Lewat perjuangan dan didukung banyak pihak, kejuaraan ini akhirnya dapat terselenggara.

"Bulu tangkis dengan prestasi yang membanggakan, malah belum pernah sekalipun menggelar Piala Presiden. Di kepengurusan saya, kita ingin menggelar Piala Presiden secara rutin. Alhamdulillah kita diberi kesempatan mulai tahun ini," kata Agung.

Kejuaraan ini, lanjut Agung, bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulu tangkis Indonesia. Langkah ini sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulu tangkis Indonesia di pentas dunia.

Selain itu, ajang ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. "Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi," ujar Agung.

"Juga kepada PT Adaro Energy Indonesia Tbk sebagai sponsor tunggal Piala Presiden 2022. Juga kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kejuaraan ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Nomor yang dipertandingkan

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2022 Edi Sukarno mengatakan berdasarkan pendaftaran yang sudah ditutup pada 19 Juli lalu, total jumlah peserta ialah 620 atlet yang berasal dari 30 provinsi di Indonesia. Sementara provinsi yang tak mengirimkan atletnya adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Kejuaraan ini mempertandingkan 11 nomor. Tunggal putra-putri di kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri untuk kelompok pemula (U-15).

Sementara di kelompok remaja (U-17), nomor yang dipertandingkan adalah nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran kelompok remaja.

"GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulu tangkis dengan total enam lapangan," kata Edi. "Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan."

Para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing- masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Sekadar informasi, panitia juga telah menggelar sayembara desain Piala Presiden yang diikuti peserta dengan 130 karya. Akhirnya terpilih karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab. Pembuatan piala pun dilakukan oleh karya anak bangsa di Bandung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Protokol kesehatan

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2022 Edi Sukarno menambahkan panitia mewajibkan bagi siapa yang masuk ke area pertandingan untuk memindai PeduliLindungi. "Kami juga mewajibkan vaksin booster atau minimal vaksin kedua (untuk usia tertentu) kepada semua pihak yang terlibat di Piala Presiden 2022, termasuk media," katanya.

"Sementara bagi masyarakat yang akan menonton langsung bisa datang ke arena secara gratis," pungkas Edi.

Sementara itu, Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk Julius Aslan mengungkapkan dukungan pihaknya atas terselenggaranya Piala Presiden 2022. "Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden 2022," tuturnya.

"Adaro ingin hadir mendukung putra-putri bangsa yang mempunyai tekad kuat mengharumkan nama bangsa melalui olahraga bulu tangkis. Kami berharap melalui ajang ini bakal muncul atlet-atlet muda bertalenta yang akan menorehkan prestasi di kejuaraan bulu tangkis baik nasional maupun internasional," tutur Julius.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS