Sukses

Bocorkan Debut Pratama Arhan Lewat Status di Instagram, Tokyo Verdy Pecat Sfat Penerjemah

Tokyo Verdy mengambil tindakan tegas dengan memecat penerjemah Pratama Arhan karena membocorkan soal debut bek kiri Timnas Indonesia itu.

Liputan6.com, Jakarta Bek kiri berbakat Indonesia Pratama Arhan akhirnya melakoni debut bersama klub Liga Jepang Tokyo Verdy. Arhan langsung dimainkan sebagai starter pada laga J-League 2 pada Rabu (6/7/2022) sore WIB.

Mengenakan nomor punggung 38, Arhan dimainkan pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku tidak di posisi aslinya. Eks pemain PSIS Semarang itu digeser menjadi penyerang sayap saat melawan Tochigi di Stadion Kanseki.

Pada laga tersebut, Arhan hanya dimainkan selama 45 menit. Setelah turun minum, Jofuku langsung mengganti Arhan dengan Mizuki Arai.

Verdy berhasil memenangi laga ini dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Verdy tercipta pada menit 76 melalui Ryoga Sato meneruskan umpan Keito Kawamura.

Pertandingan Verdy kali ini menyedot perhatian pecinta bola di Indonesia. Duel yang disiarkan via YouTube itu ditonton puluhan ribu orang.

Namun, ada berita kurang mengenakan selepas laga. Tokyo Verdy memecat penerjemah Arhan dikarenakan membocorkan informasi mengenai debut Arhan di sosial media miliknya.

Seperti cuitan yang dikutip Liputan6.com, dari akun resmi klub @TokyoVerdySTAFF, Kamis (7/7/2022), menyampaikan semua tautan yang berisi mengenai awal mulai terjadi pemecatan tersebut.

"Kami memutuskan untuk memecat staf kami karena melakukan pelanggaran, hal ini tertera dalam regulasi yang ada di Bab 1 Pasal 3 Kewajiban untuk mematuhi regulasi J-League, yaitu jangan membocorkan rahasia apapun mengenai kondisi internal apalagi kepada pihak ketiga," demikian pernyataan dari pihak klub Tokyo Verdy.

"Tokyo Verdy akan terus memperkuat pengawasan dan berupaya mencegah hal ini terulang kembali," sambung pernyataan tertulis dari manajemen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosial Media Penerjemah Banjir Dukungan dan Kritikan

Dalam keterangan melalui laman resminya, manajemen Verdy memberikan pernyataan terkait pembocoran debut Arhan bersama Verdy. Sebelum duel melawan Tochigi, Auliya melalui akun media sosial pribadinya menyebutkan Arhan akan menjalani debut.

Perbuataan Auliya ini dianggap telah melanggar regulasi tentang 'Ofisial J-League, asosiasi, J-League, klub, dan kaitan dengan J-League melalui pelaksanaan tugasnya'.

Saat tim Liputan6.com, Kamis (7/7/2022), komentar dari akun instagram sang penerjemah riuh komentar dari netizen Indonesia ada yang mendukung tapi adapula yang menyalahkan sang penjermah terkait pelanggaran yang dilakukannya.

3 dari 3 halaman

Status Instagram yang dijadikan Alat Bukti Pemecatan

Alasan dari Tokyo Verdy melakukan pemecatan dikarenakan sang penerjemah melalui akun instagram miliknya pada Selasa (5/7/2022) membocorkan bila Pratama Arhan akan melakoni debut untuk Tokyo Verdy pada Rabu (6/7/2022).

Di Instagram Story, Agung Auliya Barkah menuliskan ucapan selamat dan sukses atas Pratama Arhan yang akan menjalani debut bersama tim asuhan Hiroshi Jofuku.

Itu membuat berang pihak klub karena hal tersebut melanggar peraturan yang sudah ada di regulasi kompetisi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.