Sukses

Alasan Petr Cech Pilih Cabut dari Chelsea

Liputan6.com, Jakarta- Legenda Chelsea Petr Cech dipastikan akan angkat kaki dari Stamford Bridge. Pria berkebangsaan Republik Ceko itu memilih mundur sebagai penasihat teknik dan performa di Chelsea.

Keputusan Cech pergi cukup mengejutkan. Dia cukup sukses dalam peran barunya setelah pensiun sebagai kiper. Beberapa pemain rekrutan Chelsea sukses sehingga The Blues juara Liga Champions 2020/2021.

Namun secera mengejutkan Cech memutuskan tak lanjut dan akan pergi dari Chelsea saat kontraknya habis pada akhir Juni 2022 ini.

Kepergian Cech ini menurut laporan The Telegraph pada awal pekan ini ada kaitannya dengan pemilik baru Chelsea Todd Boehly dan striker Romelu Lukaku.

Cech merasa perannya di klub dibatasi sejak Boehly menguasai klub dari genggaman Roman Abramovich. Salah satunya terkait transfer Lukaku.

 

2 dari 3 halaman

Lukaku

Chelsea dikabarkan siap meminjamkan Lukaku ke Inter Milan. Padahal mereka baru merekrut Lukaku dari Inter setahun lalu dengan memecahkan rekor transfer termahal klub.

Cech merasa Chelsea seharusnya menahan Lukaku setidaknya setahun lagi setelah melakukan investasi begitu besar tahun lalu. Namun Boehly memiliki pemikiran lain.

Boehly langsung setuju meminjamkan Lukaku ke Inter. Dia lebih memilih Chelsea mendatangkan pemain bintang di bursa transfer musim panas 2022.

3 dari 3 halaman

Beli Sterling

Raksasa Liga Inggris Chelsea telah melakukan upaya awal untuk mendatangkan pemain Manchester City Raheem Sterling. Pemilik barunya, Todd Boehly, bahkan ikut turun tangan demi melakukan kontak dengan The Citizens.

Melansir laporan The Sun, Chelsea bakal mengajukan tawaran resmi senilai kurang lebih 50 juta poundsterling atau sekitar Rp909 miliar. Proses diskusi dengan juara Liga Inggris berjalan baik dan transparan, sehingga kepindahan sang pemain kemungkinan bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Sterling masih memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya di Etihad. Akan tetapi, pesepak bola yang menerima bayaran 300.000 pounds per pekan itu mulai mempertimbangkan potensi hijrah ke klub lain agar bisa mendapat lebih banyak waktu bermain.

Chelsea nampaknya berniat memanfaatkan situasi tersebut. Manajer The Blues Thomas Tuchel memang sangat tertarik dengan Raheem Sterling. Ia menilai sang penggawa internasional Inggris bakal cocok dengan rencananya di Stamford Bridge.

Laporan Mirror mengeklaim kubu London Barat siap menindaklanjuti tawarannya terhadap Sterling. Meski belum ada kesepakatan terkait persyaratan pribadi, City kemungkinan tak akan menghalangi rencana Chelsea, jika mereka mendapat tawaran yang tepat.

Juru taktik The Citizens Pep Guardiola juga pernah menegaskan dirinya tak akan menahan pemain yang ingin pergi dari Etihad. Para petinggi Manchester City pun disebut tak bakal mencegah kepindahan Sterling di bursa transfer musim panas tahun ini.