Sukses

Sepakat Gabung Arsenal, Gabriel Jesus Disodori Kontrak Lima Tahun

Liputan6.com, Jakarta Gabriel Jesus kabarnya setuju untuk bergabung dengan Arsenal. Pemain asal Brasil itu menyetujui persyaratan pribadi lewat kontrak berdurasi lima tahun, yang akan membuatnya mengenakan seragam The Gunners mulai musim depan.

Manchester City merestui kepindahan sang pemain berkat mahar senilai 45 juta poundsterling atau setara dengan kurang lebih Rp820 miliar. Melansir laporan Mirror, pihak The Gunners mencapai kesepakatan dengan City pada Jumat malam waktu setempat.

Jesus memang merupakan salah satu target incaran prioritas The Gunners dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Juru taktik Meriam London, Mikel Arteta, berniat menambah daya dobrak di lini serang skuad pasca kepergian Pierre-Emerick Aubameyang.

Adapun sang pemain sejatinya masih memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya bersama sang juara Liga Inggris. Akan tetapi, kedatangan Erling Haaland dan Julian Alvarez baru-baru ini membuat posisi Jesus kian terancam.

Transfer dari Etihad memberi peluang bagi eks penggawa Palmeiras untuk mendapat tambahan waktu bermain di tim utama. Apalagi, Arsenal juga bersedia memberinya kenaikan gaji signifikan.

Klub yang finis di peringkat lima klasemen Liga Inggris musim lalu itu rela menggelontorkan 190.000 poundsterling demi pekan untuk membayar jasa Gabriel Jesus. Angka ini lebih tinggi dibanding bayaran 110.000 poundsterling yang diterimanya dari The Citizens.

2 dari 4 halaman

Reuni dengan Arteta

Kedatangan Jesus di Emirates bakal menjadi ajang reuni bagi Mikel Arteta. Keduanya diketahui pernah bekerja sama kala juru taktik asal Spanyol masih menjabat sebagai staf pelatih Pep Guardiola di Manchester City.

Arteta pun disebut-sebut sosok kunci yang memengaruhi keputusan Jesus untuk merumput bersama The Gunners. Direktur Teknis Klub, Edu, juga memainkan peran besar di balik kesuksesan transfer sang pemain.

Sebagai informasi, Edu memiliki hubungan dekat dengan Jesus. Ia merupakan kompatriot yang pernah membela Timnas Brasil ketika masih berstatus sebagai pemain aktif. Kehadiran keduanya membuat Jesus tak perlu menunggu hingga penghujung kontrak untuk berpisah dengan City.

3 dari 4 halaman

Gabriel Jesus di Manchester City

Jesus sebenarnya memiliki catatan yang terbilang apik selama berkarier di Etihad. Pemain berusia 25 tahun tersebut sukses mengoleksi 95 gol dalam 236 pertandingan bersama Manchester City sejak bergabung dari Palmeiras pada 2017.

Ia juga berhasil mengantar The Citizens meraih empat gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dan tiga Piala EFL. Sayangnya, peran Jesus dalam skuad asuhan Pep Guardiola kian menipis. Sang penggawa Brasil hanya menjadi starter dalam 21 pertandingan Liga Premier musim lalu.

Kehadiran penggawa-penggawa anyar pun membuat Jesus makin tersingkir dari kasta kekuasaan klub. Hal tersebut membuat Manchester City berencana menguangkan sang pemain pada jendela transfer musim panas tahun ini.

4 dari 4 halaman

Panggung Liga Champions

Di sisi lain, Arsenal tak bisa menjanjikan panggung Liga Champions buat Gabriel Jesus. Skuad racikan Mikel Arteta gagal mempertahankan asa untuk merebut trofi Si Kuping Besar usai tertinggal dua poin dari Tottenham Hotspur yang finis di tempat keempat klasemen Liga Inggris.

Kendati demikian, Jesus punya peluang untuk menjadi striker utama The Gunners. Pasalnya, penyerang senior Arsenal, Alexandre Lacazette, bakal hengkang dari Emirates usai kontraknya berakhir pada penghujung Juni.

Gabriel Jesus pun bakal menjadi rekrutan keempat Arsenal di jendela transfer musim panas. Mikel Arteta sebelumnya diketahui telah mendatangkan kiper Matt Turner, penyerang Marquinhos, dan gelandang Fabio Vieira.

Menurut laporan Metro, Vieira didatangkan dari Porto dengan mahar senilai 34 juta poundsterling pada awal pekan lalu. Sementara itu, kepindahan Turner dan Marquinhos diyakini menelan biaya masing-masing 7,5 juta poundsterling dan 3 juta poundsterling.