Sukses

Menang Adu Penalti 2 Kali, Persik Kediri Juara Trofeo Ronaldinho

Liputan6.com, Malang - Persik Kediri keluar sebagai juara Trofeo Ronaldinho usai mengalahkan Rans Nusantara FC dan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Minggu (26/6/2022).

Macan Putih bermain tanpa gol melawan Rans Nusantara dan Arema. Namun, Persik menang adu penalti masing-masing 4-2 dan 5-4.

Sementara satu laga lain Arema FC vs Rans Nusantara juga berakhir tanpa gol. Di sini Arema FC berjaya 4-2 melalui adu penalti. 

Laga ini diwarnai penampilan Ronaldinho. Dia Ronaldinho bermain 30 menit bersama Rans Nusantara FC pada laga melawan Persik.

Rans Nusantara menghadapi Persik Kediri pada laga pertama Trofeo Ronaldinho. Sang megabintang mendapat guard of honor memasuki stadion.

Meski tidak berlatih bersama tim dan terlibat aktivitas padat sejak tiba di Indonesia, Ronaldinho memutuskan merumput sejak menit pertama. Padahal eks pemain Barcelona itu sudah berusia 42 tahun dan terakhir kali melakoni laga kompetitif pada 2015.

Sayang Ronaldinho gagal memberi pengaruh besar. Persik Kediri menguasai jalah pertandingan dan terus menekan Rans Nusantara.

Ketika mendapat bola, Ronaldinho sempat salah umpan. Di lain kesempatan, dia menunjukkan kebolehan dan berkolaborasi dengan Cristian Gonzales. Sayang bek lawan mampu menghentikan bola.

Seiring bergulirnya waktu, Ronaldinho mulai menyatu dalam pertandingan. Beberapa kali dia menemukan rekan melalui umpan terukur.

Persik hampir mencetak gol melalui Renan Silva, Rahel Radiansyah, dan Joanderson. Sayang usaha mereka dihentikan kiper Wawan Hendrawan.

Ronaldinho kembali beraksi dengan kualitasnya. Namun usahanya membantu rekan mencetak gol urung berhasil. Laga berakhir imbang 0-0 dan berlanjut ke adu penalti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Main 30 Menit

Pelatih Rans Nusantara FC Rahmad Darmawan sebelumnya berharap Ronaldinho bisa bermain minimal selama 30 menit. Dengan begitu, para pemain Rans Nusantara bisa mendapat ilmu sebanyak mungkin.

"Saya berharap Ronaldinho bisa bermain tidak hanya sepuluh menit, tapi minimal 30 menit. Itu akan memberikan sesuatu yang berbeda kepada tim dan pengalaman untuk kami," ujarnya pada konferensi pers jelang laga.

RD ingin anak asuhnya bisa memaksimalkan kehadiran Ronaldinho agar bisa lebih baik lagi. "Ini kesempatan yang sangat sulit didapatkan. Momen ini diharapkan bisa menjadi kebanggaan para pemain untuk membangun tim kami lebih baik lagi," ungkapnya.

Sang pelatih mengaku hingga saat ini masih belum melakukan komunikasi dengan Ronaldinho. Namun ia memastikan sudah menyiapkan skema permainan yang sesuai dengan gaya permainan mantan bintang Timnas Brasil tersebut.

"Saya belum berkomunikasi sama sekali. Tapi, dia mau bermain di posisi mana, pasti saya berikan. Setahu saya, dalam dalam skema timnas maupun beberapa klub, Ronaldinho selalu bermain di belakang striker," katanya.

3 dari 3 halaman

Kehormatan Arema FC

Pihak Arema FC menyatakan kesiapan sebagai tuan rumah turnamen. Mereka juga antusias mendapat kesempatan berharga bisa menyambut Ronaldinho.

"Ini menjadi kehormatan bagi Arema FC karena ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan menghadirkan bintang kelas dunia," kata Media Officer Arema FC Sudarmaji.

Dia menjelaskan, pertandingan trofeo ini akan menjadi kesempatan bagi suporter Singo Edan untuk menyaksikan langsung aksi Ronaldinho. Di sisi lain, lanjutnya, pertandingan itu akan menjadi tantangan besar bagi Aremania untuk menyuguhkan aksi yang atraktif di Stadion Kanjuruhan.

"Bagi Aremania ini merupakan kesempatan yang langka untuk bisa menyaksikan bintang dunia bermain di kandang sendiri," kata Sudarmaji.