Sukses

Debut, Avila Bahar Langsung Dominasi 2 Race Malaysia Championship Series

Liputan6.com, Jakarta Pembalap muda Honda Racing Indonesia, Avila Bahar tampil mengagumkan dan langsung menempati posisi teratas kejuaraan Malaysia Championship Series (MCS), di kelas Super Production 1600cc (SP2), di Sepang International Circuit, akhir pekan kemarin. Ini berkat keberhasilan menjadi juara di race 1 dan 2 pada debut balapan di luar Indonesia.

Di race pertama, Avila unggul 30 detik dari pembalap Malaysia di belakangannya. Sementara di race kedua, dia dapat success penalty time 15 detik pun, Avila tetap unggul 17 detik dari pembalap di belakangnya.

Start dari posisi ke 2 Avila mampu menyalip dan mengambil posisi terdepan lalu memimpin hingga finis balapan yang berlangsung selama 60 menit itu.

Hasil tersebut membuat Avila berhak start terdepan di Race 2 yang berlangsung 60 menit. Dia berhasilkan selesaikan balapan tanpa perlawanan sengit hingga garis finis meskipun terkena succes penalty time sebanyak 15 detik karena telah menjuarai Race 1.

Dalam balap di Malaysia Championship Series, Avila menggunakan mobil Honda Jazz yang dipersiapkan oleh team R Engineering dan disupervisi oleh Honda Malaysia Racing Team (HMRT).

 

2 dari 3 halaman

Komentar Avila

 

Avila menyatakan rasa gembiranya bisa menyudahi balapan pertamanya di luar Indonesia dengan hasil yang sangat mencengangkan. Apalagi banyak sekali hal baru yang bisa ia pelajari dengan balapan di Malaysia itu.

"Wah senang sekali bisa belajar banyak di MCS. Jadi tahu soal management tyre, pitstop strategy, terus paling asyik karena saat start posisi kedua, di race dua, saya bisa langsung overtake pembalap terdepan di tikungan kedua lap pertama, dan akhirnya terus memimpin sampai juara di akhir lomba. Bahagia luar biasa," kata Avila seperti rilis yang diterima media.

Kemenangan di Sirkuit Sepang jelas jadi modal berharga bagi Avila yang akan turun di putaran kedua ISSOM bersama tim Honda Racing Indonesia, akhir pekan nanti.

 

3 dari 3 halaman

Alvin Bahar Bangga

 

Sang ayah, Alvin Bahar yang juga ikut mendampingi bersama putrinya, Alisha Bahar, pun menyatakan rasa bangganya kepada sang putra.

"Senang sekali karena Avila adaptasinya langsung jadi. Balapannya 1 jam dan ada 1 x pitstop. Di pitstop juga boleh ganti pembalap, tapi Avila memilih balap sendiri aja. Jadi, ini kan pengalaman baru juga buat Avila," kata pembalap senior juara 8 kali ISSOM itu.