Sukses

Klub Milik Silvio Berlusconi Monza Promosi ke Liga Italia Serie A

Liputan6.com, Jakarta- Serie A 2022/2023 akan sangat menarik. Mantan presiden AC Milan Silvio Berlusconi akan kembali terlibat. Klub milik Berlusconi, Monza baru saja berhasil meraih tiket promosi ke Liga Italia Serie A.

Ini menjadi kali pertama Monza akan merasakan berlaga di kompetisi Serie A. Mereka menjadi klub ke-69 berbeda yang bertarung di Serie A. Untuk wilayah Lombardy, Monza menjadi klub ke-12 yang tembus Serie A.

Monza mengikut jejak Lecce dan Cremonese yang sudah lebih dulu mengamankan tiket promosi ke Serie A 2022/2023 lewat musim reguler.

Sukses Monza tentu saja tak lepas dari sosok Berlusconi yang pernah begitu disegani di AC Milan. Tak cuma Berlusconi, Monza juga memiliki mantan petinggi AC Milan lainnya, Adriano Galliani.

Monza meraih tiket promosi Serie A lewat play-off. Mereka menang dramatis 4-3 melalui perpapanjangan waktu atas Pisa pada Senin (30/5/2022) dini hari WIB. Secara agregat Monza unggul 6-4.

Perjuangan Monza merebut tiket promosi sungguh luar biasa. Mereka nyaris kalah dari Pisa di final play-off promosi. Pisa sudah unggul 2-0 saat laga berjalan sembilan menit.

2 dari 3 halaman

Gol Berbalas Gol

Gol pertama Pisa dibuat Ernesto Torregrossa saat laga baru berlangsung 49 detik. Di menit 9, Pisa menambah gol lagi melalui Hjortur Hermansson.

Monza mampu memperkecil ketertinggalan selang tiga menit kemudian lewat aksi Jose Machin. Namun Monza harus menunggu sampai menit 79 untuk mencetak gol penyeimbang lewat Chris Gytkjaer.

Pisa kembali unggul setelah Giuseppe Mastinu mencetak gol di menit 90 lewat tendangan setengah voli. Gol ini membuat agregat imbang 4-4. Perpanjangan waktu pun harus digelar.

Di perpanjangan waktu, Monza berhasil mencetak dua gol lewat sundulan Luca Marrone dan gol kedua Gytkjaer. Monza pun akhirnya menang agregat 6-4 dan promosi ke Serie A.

3 dari 3 halaman

Sejarah

Monza didirikan tahun 1912. Namun mereka dinyatakan bangkrut pada 2016 sehingga harus memulai lagi dari level liga amatir. Monza kemudian dibeli Berlusconi pada 2018.

Bersama Berlusconi, Monza dengan cepat meraih tiket promosi ke Serie B. Mereka sudah hampir promosi ke Serie A di musim 2020/2021 namun kalah di semifinal play- off.