Sukses

Kembali Raih Emas SEA Games 2021, Ketum PBVSI Janjikan Bonus dan Timnas Voli Putra Indonesia Dikagumi Sejumlah Negara

Liputan6.com, Bogor - Timnas voli putra sukses mempertahankan medali emas di SEA Games 2021. Dalam laga final Rivan Nurmulki menumbangkan tuan rumah Vietnam 3-0 (25-22, 25-18, 25-15) di Dai Yen Sports Arena, Quang Ninh, Minggu (22/5/2022).

"Luar biasa, selama saya jadi ketua umum, beberapa kali saya ikut SEA Games, saya melihat permainan yang luar biasa, sangat spektakuler adalah saat putra lawan Vietnam. Itu permainan yang sangat luar biasa, lawan tidak bisa membaca arah bola itu kemana. Ini luar biasa," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Imam Sudjarwo dalam acara pembubaran tim voli indoor putra dan putri SEA Games Hanoi di Sentul, Bogor, Rabu (25/5/2022).

Imam menambahkan bukan hanya dirinya yang kagum dengan permainan anak asuh Jeff Jiang di SEA Games 2021 Vietnam, namun juga beberapa negara lainnya. "Ini yang sangat dikagumi oleh beberapa negara lain. Mereka sangat kagum dengan pemain kita yang kemajuannya sangat luar biasa," ucapnya.

Tidak hanya putra, Imam juga memuji perjuangan timnas voli putri Indonesia yang kembali menyabet medali perunggu. "Putri juga luar biasa, karena hanya 12 orang, libero juga satu, tidak ada pengganti. Artinya dapat mempertahankan predikat medali perungggu, ini luar biasa," ucapnya.

"Baik putra maupun putri tidak perlu diragukan semangatnya dan tidak perlu diragukan lagi cinta Tanah Air. Karena, ini merasa tanggung jawab para atlet semua untuk bisa membawa nama baik kehormatan negara," ujar Imam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bonus

Imam telah menyiapkan bonus sebagai bentuk apresiasi kepada pevoli yang membela Merah Putih pada SEA Games 2021. Namun, dia tidak secara rinci nominal yang akan diberikan.

"Kami setiap ajang apa pun selalu memberikan apresiasi untuk memberikan semangat. Kali ini juga sama. Namun saya belum bisa menyebutkan besarannya. Kami sudah minta rekening masing-masing pemain dan dalam satu dua hari mereka akan menerima bonus dari PP PBVSI," kata Imam.

Selain bonus uang tunai, lanjut Imam, pihaknya juga akan mengusulkan kenaikan pangkat untuk atlet yang merupakan anggota dari Kepolisian dan TNI. "Karena atlet ini adalah pahlawan olahraga," ujarnya.

"Mereka membuat lagu Indonesia Raya berkumandang dan Merah Putih berkibar di Vietnam. Ketika SEA Games 2019 di Filipina juga kami mengusulkan kenaikan pangkat," ujar Imam menambahkan.

Imam berterima kasih kepada atlet, pelatih, dan ofisial yang telah berjuang memberikan yang terbaik pada SEA Games Vietnam. Meski di tengah persiapan yang sangat minim, atlet Indonesia mampu berprestasi di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. Turnamen berikutnya.

 

3 dari 3 halaman

Event internasional

Ke depan, kata Iman, ada beberapa turnamen bola voli yang akan diikuti. Seperti Asean Volleyball Grand Prix yang akan berlangsung September 2022. "Akan diikuti Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Bermain di setiap negara secara bergiliran," paparnya.

"Tetapi, untuk putra tidak perlu main di situ. Kita akan memilih antara dua, AVC Club atau Asian Senior Man, mungkin tahun 2023."

"Ini dalam upaya meningkatkan prestasi kita yang luar biasa. Sehingga tahun depan kita lebih banyak ikut event-event internasional," pungkas Rivan.