Sukses

IBL Libur, Daniel Wenas Ikut Pertandingan Amal Bareng ODGJ

Daniel Wenas ikut tanding basket amal bersama ODGJ di Jakarta akhir pekan kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Pebasket Daniel Wenas mengisi waktu luang usai selesainya musim reguler IBL dengan terlibat dalam pertandingan basket amal bersama orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Pertandingan amal basket melibat ODGJ ini digagas lembaga nirlaba Kopi Panas Foundation (KPF). Mereka memfokuskan misinya pada isu-isu kemanusiaan, kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup hewan. Salah satu kegiatannya adalah Sports Charity Program yang merupakan kegiatan amal dalam bentuk pertandingan bola basket bekerjasama dengan BARDI Smart Home. 

Tujuan pertandingan basket amal ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental dan mengurangi anggapan buruk/stigma terhadap orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, terutama ODGJ. 

Project kolaborasi ini dimulai pada bulan Januari 2022 dan akan terus berlanjut setiap bulannya hingga puncak acara pada bulan November 2022 di GOR Soemantri Brodjonegoro Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan dengan melibatkan beberapa ODGJ dari tiga panti ODGJ mitra KPF. 

Project ini merupakan bagian dari program KPF yaitu “ODGJ Berkarya”, yang bertujuan meningkatkan awareness bahwa ODGJ juga dapat beraktivitas layaknya manusia normal, dalam hal ini bermain bola basket.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donasi

Wenas ikut terlibat dalam pertandingan kelima yang berlangsung 22 Mei 2022 lalu. Wenas memperkuat tim BUCIN bersama Anggun Chyintya (influencer dan Miss Indonesia Kalimantan 2017) melawan tim BARBERBAR yang berkolaborasi dengan Richard Insane (influencer) dan Fanny Kalumata (Atlet pro).

Pertandingan bola basket yang digelar KPF dan BARDI ini dipandu oleh penyiar radio kondang Reza Alqadri dan content creator Athar Al Ikhwan. 

Sebagaimana tujuan dari kegiatan ini, seluruh tiket yang terjual akan didonasikan kepada panti ODGJ mitra KPF untuk membantu kelangsungan hidup ODGJ. 

3 dari 3 halaman

Densu

 "KPF diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran dan simpul gerakan sosial serta lingkungan, Selain itu, gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik dalam membantu sesama dalam menyalurkan bantuan melalui Lembaga ataupun individu," ujar Prisia Nasution selaku founder/pendiri dari KPF.

Sebelum Daniel Wenas, pebasket Denny Sumargo juga pernah ikutan tanding basket dengan ODGJ yang diadakan KPF pada tahun 2021. Saat itu selain Densu, turut bertanding sejumlah pesohor seperti Prisia, Ine Febriyanti, Augie Fantinus, Reza Nangin, Cikal, Ricky Virgana, Asri Welas, Yuyi "Fluer" dan Uus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.