Sukses

Son Heung Min Lega Bisa Jadi Top Skor Liga Inggris Pertama dari Asia

Liputan6.com, Jakarta Son Heung Min menjadi pemain Asia pertama yang mampu merebut gelar top skor Liga Inggris. Pemain asal Korea Selatan itu sukses menorehkannya usai mengemas 23 poin sepanjang musim 2021/2022.

Namun Son tidak sendiri. Dia berbagi gelar tersebut bersama striker Liverpool Mohamed Salah. Pemain asal Mesir itu juga berhak mendapatkan sepatu emas setelah menutup musim dengan 23 gol. Salah mampu menyamai perolehan Son usai menambah satu gol saat Liverpool menang 3-1 atas Wolves.

Kesuksesan Son merebut gelar top skor Liga Inggris musim ini tidak lepas dari penampilan gemilangnya di laga terakhir melawan Norwich City. Dalam laga ini, Son mampu menetak dua gol pada menit ke-70 dan 75 dan membawa timnya menang 5-0 atas tuan rumah yang dipastikan degradasi musim depan.

"Ini penghargaan yang luar biasa," kata Son usai menerima sepatu emas seperti dilansir BBC.

"Saya sudah memimpikan ini sejak kecil dan saya sangat emosional. Ini benar-benar ada di tangan saya, Saya tidak percaya ini," kata pemain yang pernah tampil di Asian Games Jakarta 2018 itu.

Tidak mudah bagi Son merebut mimpi tersebut. Sebab meski mendominasi jalannya laga melawan Norwich, dia sempat kesulitan merobek jala Norwich. Son mengaku sempat frustrasi karena itu.

Beruntung, rekan-rekannya bersedia membantunya. "Pada akhirnya saya mencetak gol. Saya sempat frustrasi karena melewatkan peluang emas. Saya sampaikan ini kepada teman-teman," katanya.

"Saya tidak menyerah dan teman-teman banyak membantu saya," beber Son menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Daftar Pencetak Gol Terbanyak

Berikut daftar top skor Liga Inggris musim ini:

  • Son Heung-min (Tottenham Hotspur): 23 Gol
  • Mohamed Salah (Liverpool): 23 Gol
  • Cristiano Ronaldo (Manchester United): 18 Gol
  • Harry Kane (Tottenham Hotspur): 17 gol
  • Sadio Mane (Liverpool): 16 gol
3 dari 4 halaman

Manchester City Juara

Sementara itu, Manchester City akhirnya keluar sebagai juara Liga Inggris musim ini. City berhasil memenangkan persaingan sengit melawan Liverpool yang terus menguntit hingga laga terakhir.

Penentuan juara Liga Inggris Premier League 2021/2022 memang sangat dramatis.  Manchester City dan Liverpool bersaing hingga laga terakhir untuk jadi yang terbaik pada musim ini.

Hingga laga terakhir, kedua tim hanya terpaut satu poin. Manchester City akhirnya keluar sebagai juara setelah mengemas 93 poin dari 38 pertandingan diikuti The Reds di urutan kedua dengan 92 poin.

Keberhasilan City merebut trofi musim ini tidak lepas dari comeback menawan yang mereka lakukan saat menjamu Aston Villa di Etihad Stadium, Minggu (22/5/2022). Dalam laga penentuan ini, The Citizens yang sempat tertinggal dua kali akhirnya mampu menutup pertandingan dengan skor tipis, 3-2.

Adalah Matty Cash yang pertama kali membuat pendukung tuan rumah menahan napas. Gol yang dicetaknya pada menit ke-37 mebuat The Citizens tertinggal sementara. Keraguan semakin menyelimuti fans tuan rumah setelah Philippe Coutinho kembali menjebol City pada menit ke-69.

Tertinggal dua gol tentu bukan kondisi yang diinginkan City di laga pamungkas tersebut. Sebab Liverpool yang di laga lain bertemu Wolves mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di babak pertama.

Dalam situasi yang cukup genting, City akhirnya berhasil bangkit. Ikai Gundogan berhasil memperkecil ketertinggala pada menit ke-76 yang kemudian disusul gol Rodri dua menit setelahnya. 

Pada menit ke-81, Gundogan kembali menjebol gawang Villa dan membawa City berbalik unggul 3-2. Skor ini mampu bertahan hingga peluit panjang dan memastikan City sebagai juara musim ini. City tetap unggul 1 poin atas Liverpool yang juga berhasil mengalahkan Wolves dengan skor 3-1.

Dalam laga ini, tiga gol The Reds dicetak Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Andrew Robertson.

 

4 dari 4 halaman

Spurs ke Liga Champions

Persaingan panas sebenarnya tidak hanya terjadi dalam perebutan posisi pertama. Perebutan tempat di Liga Champions musim depan juga sempat berlangsung ketat antara Tottenham Hotspur dan Arsenal. Hanya terpaut dua poin, kedua tim menunjukkan penampilan beringas di laga terakhir musim ini.

Spurs akhirnya menyegel posisi keempat usai menang 5-0 atas Norwich. Hasil ini membuat kemenangan telak 5-1 The Gunners atas Everton menjadi sia-sia dan hanya finis di urutan kelima. Sedangkan satu jatah Liga Champions lainnya dipegang Chelsea yang berada di posisi ketiga.

Berikut ini Daftar 4 Besar Liga Inggris musim ini:

  • 1. Manchester City 93 poin
  • 2. Liverpool 92 poin
  • 3. Chelsea 74 poin
  • 4. Tottenham Hotspur 71 poin