Sukses

Ini Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal SEA Games 2021

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-23 mengetahui lawan untuk semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021. Pasukan Shin Tae-yong harus melewati Thailand jika mau melaju ke laga puncak. 

Garuda Muda mengetahui nasib usai putaran terakhir persaingan Grup B berlangsung di Thien Truong Stadium, Nam Dịnh, Senin (16/5/2022). 

Thailand naik ke puncak usai menaklukkan Laos 1-0 berkat gol bunuh diri At Viengkham. Gajah Perang menggeser Malaysia yang beberapa jam sebelumnya dikejutkan Kamboja dan dipaksa bermain imbang 2-2.

Malaysia bahkan tertinggal dua kali melalui Choun Chanchav (45+1) dan Sa Ty ('61). Beruntung Harimau Malaya memiliki Hadi Fayyadh ('51, 67) yang memborong dua gol penyama kedudukan.

Thailand menutup Grup B dengan mengoleksi sembilan poin dari empat laga. Selanjutnya mereka menghadapi timnas U-23 yang berstatus runner-up Grup A. Thailand unggul satu nilai atas Malaysia yang bersua juara Grup A Vietnam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Jadi Runner-Up

Timnas Indonesia U-23 harus puas dengan status runner-up Grup A karena Vietnam menaklukkan Timor Leste di partai terakhir. 

Vietnam membekuk Timor Leste 2-0 di Viet Tri Stadium, Minggu (15/5/2022). Gol kemenangan dicetak Nguyen Van Tung ('53) dan Ho Thanh Minh ('65).

Tuan rumah SEA Games itu kini mengoleksi 10 angka dari empat pertandingan. Mereka memimpin satu nilai atas Timnas U-23 Indonesia.

Semifinal berlangsung Kamis (19/5/2022) dengan laga perebutan emas digelar Minggu (22/5/2022).

3 dari 3 halaman

Libas Myanmar

Timnas Indonesia U-23 menaklukkan Myanmar 3-1 pada laga terakhir Grup A. Egy Maulana Vikri ('6), Witan Sulaeman ('10) dan Marselino Ferdinan (45+2) membawa Garuda Muda unggul pada jeda. Myanmar mendapat gol hiburan dari Win Naing Tun ('67).

Timnas U-23 langsung mendesak pertahanan Myanmar. Mereka langsung mendapat peluang saat laga belum genap berjalan dua menit.

Indonesia akhirnya mencetak gol. Irfan Jauhari melepas tembakan di kotak penalti tapi diblok pertahanan Myanmar. Bola muntah disambar Egy Maulana Vikri tapi masih membentur bek lawan. Namun bola masih melambung masuk ke gawang lawan. 1-0!

Menit ke-10, Ricky Kambuaya melakukan drive ke kotak penalti. Ia sempat mengecoh lawan namun alih-alih menembak ia malah memberikan backheel pada Witan Sulaeman. Dengan sepakan kaki kanannya. Witan sukses menjebol gawang Myanmar. 2-0!

Pada injury time, Indonesia bisa mencetak gol lagi. Dari sepak pojok, pemain Myanmar gagal melakukan clearance dengan sempurna. Bola yang jatuh di depan kotak penalti kemudian disambar Marselino Ferdinan. Bola berbelok arah usai membentur pemain lawan dan masuk ke gawang. 3-0!

Dalam kedudukan nyaman, timnas coba menguasai jalan pertandingan. Mereka mendapat peluang memperbesar skor melalui Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, Ronaldo Kwateh, hingga Marc Klok.

Namun,, justru Myanmar yang memperkecil skor melalui Win Naing Tun. Golnya pada pertengahan babak kedua sempat menumbuhkan harapan Myanmar. Namun, anak asuh Shin Tae-yong tampil tenang untuk mengamankan kemenangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.