Sukses

Usung Tema Keberagaman, Tim Defile Indonesia Pakai Sepatu Buatan Greysia Polii di Pembukaan SEA Games 2021

Liputan6.com, Jakarta Kontingen Indonesia mengusung tema 'Keberagaman Budaya' saat mengikuti defile pembukaan SEA Games 2021 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis malam (12/5/2022). Sebanyak 29 peserta yang terdiri dari atlet dan ofisial bakal mewakili Indonesia pada acara tersebut.

Tim Indonesia dipimpin langsung  Chef de Mission (CdM) Ferry Kono. Acara pembukaan rencananya akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Saat parade berlangsung, pasukan Merah Putih berencana memamerkan keberagaman budaya Indonesia melalui busana dan asesori yang dikenakan. 

Menurut Ferry, atlet-atlet  Indonesia yang mengikuti parade defile SEA Games 2021 akan mengenakan polo shirt putih berbalut cardigan merah yang dipadukan dengan celana berwarna krem. Namun yang unik adalah semua yang ikut defile bakal mengenakan ikat kepala dari provinsi-provinsi di Indonesia.

Tidak hanya itu, peserta parade juga akan mengenakan sepatu merek lokal Fine Counsel milik Greysia Polii. Sepatu ini sebelumnya juga pernah dibeli oleh Presiden RI, Joko Widodo saat menerima Polii bersama pasangannya Apriyani Rahayu di Istana Negara usai merebut emas di Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami memilih tema sporty casual milenial untuk menampilkan bahwa Tim Indonesia didominasi atlet junior, sehingga tidak perlu mengenakan kostum yang terlalu berat dan sepatu yang digunakan menunjukkan kita bangga dengan produk buatan Indonesia,” kata Ferry Kono dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Tim Media CdM, Rabu siang (12/5/2022).

 

2 dari 4 halaman

Usung Tema Keberagaman

Ferry berharap kostum yang digunakan para atlet Tim Indonesia di parade defile dapat menampilkan kesederhanaan masyarakat Indonesia dalam bersosialisasi dengan negara-negara ASEAN. Di samping itu juga untuk mempromosikan bahwa Indonesia memiliki keberagaman budaya.

"Di sisi lain, kami tetap ingin menampilkan kekayaan budaya Indonesia, sehingga kami pilih ikat kepala. Tidak hanya satu daerah, tetapi semua provinsi di Indonesia untuk merepresentasikan keberagaman budaya Nusantara,” ujar Ferry.

Tim Indonesia yang mengikuti parade defile nanti berjumlah 29 orang. Ferry sebagai pemimpin kontingen akan berjalan di depan bersama flag bearer Emilia Nova, diikuti ke-23 atlet dari empat cabang olahraga yakni atletik, renang, jujitsu dan esports serta didampingi lima perwakilan headquarter.

Pemilihan atlet yang mengikuti parade defile ini, tambah Ferry, disesuaikan dengan jadwal atlet yang baru bertanding pada 14 Mei. "Jadi kami juga ingin menjaga kondisi atlet agar tidak kelelahan saat Pertandingan,” kata Ferry.

 

3 dari 4 halaman

Pakai Baju Raja

Di sisi lain, Ferry sebagai ketua kontingen  mengenakan Takowa Kiki, yakni baju Raja Gorontalo yang biasa digunakan saat turun lapangan meninjau keadaan rakyatnya. Ornamen rantai emas di kiri dan kanan celana yang menyimbolkan seorang raja  harus berpihak netral.

Sedangkan rantai emas mengartikan sebagai seorang pemimpin perlu memiliki kesabaran.Baju yang akan dikenakan CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games sangat colorful,  kuning, hijau, ungu, dan dominasi merah. Warna ini menyimbolkan kerajaan adat Gorontalo dahulu kala serta mencerminkan semangat, kepercayaan diri dan ketegasan.

"Saya dari Gorontalo dan baju ini didesain oleh desainer lokal di sana. Ini menjadi bentuk bahwa banyak potensi-potensi yang luar biasa di seluruh pelosok Indonesia,” tambah Ferry.

 

4 dari 4 halaman

Peringkat Ketiga

Pada SEA Games 2021 ini, kontingen Indonesia berkekuatan 499 atlet serta 214. Mereka akan bertarung di 32 cabang olahraga dari 40 cabang yang dipertandingkan hingga 23 Mei mendatang.

Meski pembukaan baru digelar malam ini, sebagian cabang olahraga sudah memperebutkan medali. Sejauh ini, Indonesia berada di urutan ketiga dengan koleksi 3 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Sementara urutan teratas ditempati Vietnam dengan 10 emas, 7 perak, dan 10 perunggu.

Malaysia berada di peringkat kedua. Negeri Jiran mengoleksi 9 emas, 3 perak, dan 6 perunggu