Sukses

Saddil Ramdani Tinggalkan Timnas U-23 di SEA Games 2021, Balik Lagi ke Vietnam?

Liputan6.com, Jakarta - Saddil Ramdani meninggalkan Timnas Indonesia U-23 yang tengah berjuang di SEA Games 2021. Dia kembali ke Malaysia untuk memperkuat FC Sabah.

Namun, Saddil akan kembali ke timnas U-23 saat kewajibannya di Negeri Jiran selesai. "Dia akan kembali ke Malaysia dan balik lagi ke sini setelah jadwal di klub selesai,” tukas pelatih Shin Tae-yong, dilansir situs resmi federasi.

Saddil teranyar membantu Timnas U-23 Indonesia mengalahkan Timor Leste 4-1 di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/5/2022). Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman (2), dan Fachruddin Aryanto bergantian mencatatkan nama di papan skor.

Dia tampil sebagai pengganti Egy Maulana Vikri di paruh pertandingan. "Egy memang sengaja diganti agar tidak terlalu terkuras fisiknya, apalagi ada pertandingan berikutnya," kata Shin Tae-yong.

Saddil harus kembali ke Sabah FC karena dibutuhkan klub untuk bertanding di Piala FA Malaysia dan liga. Klub kemungkinan baru melepas kembali Saddil setelah 17 Mei mendatang atau jika Timnas U-23 mampu menembus semifinal SEA Games Hanoi.

Sebagai pemain berbasis luar negeri, partisipasi Saddil di SEA Games sempat dipertanyakan. Sebab, klub tidak memiliki kewajiban melepas pemain untuk ajang yang tidak masuk kalender FIFA.

PSSI kemudian melakukan pendekatan kepada Sabah FC dan Federasi Sepak Bola Malaysia agar Saddil bisa bermain di Vietnam. Akhirnya tercapai kesepakatan Saddil bisa memperkuat timnas U-23 asalkan tidak bentrok dengan pertandingan Sabah FC.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Laga Melawan Timor Leste

Indonesia menjaga asa untuk lolos semifinal cabor sepak bola SEA Games 2021 usai hajar Timor Leste 4-1 pada duel Grup A, Selasa (10/5/2022). Empat gol Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri, Witan Sulaemen (2) dan Fachrudin.

Ini membuat asa Timnas Indonesia U-23 tetap teraga meski masih tertahan di posisi 4 dengan 3 poin hasil kemenangan lawan Timor Leste. Myanmar menguasai klasemen grup A usai memenangkan dua laga yang sudah dilakoni.

Indonesia langsung tertekan di menit ke-1 saat Marc Klok melakukan kesalahan kontrol bola. Untung saja, kiper Indonesia mampu menepis eksekusi penalti Timor Leste sehingga skor tetap 0-0.

Setelah penalti, Indonesia belum bisa mendapatkan peluang emas lawan Timor Leste. Egy Maulana hanya menghasilkan tendangan sudut saat tembakannya ditepis di menit ke-15.

Egy Maulana akhirnya mencetak gol untuk Indonesia di menit ke-16. Dia manfaatkan umpan lewat sundulan Jauhari sehingga skor berubah 1-0 untuk Indonesia.

Egy nyaris menambah gol Indonesia di menit ke-22. Namun tembakannya masih bisa ditepis kiper Timor Leste.

Lagi Egy membuang peluang tambah gol di menit ke-30. Dia gagal menyodorkan bola dengan baik ke gawang usai manfaatkan umpan Rio Fahmi.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Indonesia atas Timor Leste di SEA Games 2021 masih terus bertahan

 

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Indonesia masukkan Sadil Ramdani dan Asnawi untuk gantikan Rio dan Egy. Alhasil, Indonesia langsung mencetak gol tambahan lewat Witan Sulaeman di menit ke-52 sehingga membuat skor jadi 2-0.

Indonesia lagi menambah gol lewat Facrudin di menit ke-58. Dia manfaatkan umpan Asnawi sehingga membuat skor jadi 3-0.

Saat Indonesia yakin bisa menambah gol lagi. Indonesia malah kebobolan di menit ke-68 sehingga membuat skor menjadi 3-1. Untung saja, Witan kembali mencetak gol kemenangan di menit ke-76 usai manfaatkan umpan Saddil Ramdani, skor berubah menjadi 4-1.

Setelah gol keempat, Indonesia seperti kesulitan menambah gol lagi. Beberapa peluang gagal dimanfaatkan dengan maksimal.

Skor 4-1 untuk Indonesia tetap bertahan hingga pertandingan lawan Timor Leste berakhir. Indonesia harus menang di laga selanjutnya melawan Myanmar dan Filipina.