Sukses

SEA Games 2021: Indonesia Kalah di Laga Perdana, Eks Pelatih Vietnam Pantang Anggap Remeh Skuad Garuda

Liputan6.com, Jakarta Eks Pelatih Timnas Vietnam U-21, Phan Chong Thin, pantang menyepelekan Timnas Indonesia di sepak bola SEA Games 2021. Meski kalah 0–3 dari The Golden Star di laga perdana, Phan menganggap Pasukan Merah Putih masih berpotensi merebut emas.

Seperti yang telah diketahui, Timnas Indonesia U-23 gagal menjalani start yang apik di fase penyisihan grup, usai dibungkam Timnas Vietnam U-23 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5/2022) malam WIB.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong tak mampu membuat pergerakan berbahaya di sekitar gawang The Golden Star. Meski sempat bermain imbang 0–0 hingga turun minum, Rio Fahmi dan kolega tak kuasa menghentikan perolehan angka tuan rumah di babak kedua.

Angka pertama Vietnam diperoleh lewat lesakan Nguyen Tien Linh di menit ke-54. Unggul satu gol dari Timnas Indonesia, The Golden Star lebih percaya diri melakukan serangan. Sejumlah peluang emas tercipta di depan gawang Indonesia.

Tim tuan rumah kembali menggandakan keunggulan pada menit ke-73. Kali ini, kerja sama apik di daerah pertahanan Indonesia mampu diselesaikan lewat sontekan Dung do Hing. Skuad Garuda makin kesulitan mengejar defisit dua gol.

Marc Klok dan kawan-kawan terus mendapat gempuran dari Vietnam. Alhasil pada menit ke-88, gawang Indonesia kembali jebol. Tendangan lemah Do Le Van meluncur ke gawang Adi Satrio. Kedudukan 3-0 tak berubah hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

2 dari 3 halaman

Komentar Phan Chong Thin

Terlepas dari hasil itu, Phan Chong Thin meyakini Timnas Indonesia punya peluang untuk comeback di SEA Games 2021. Apalagi sejumlah pemain andalan seperti Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott belum bergabung dengan Skuad Garuda di laga perdana.

“Indonesia kalah dari kami (Vietnam) dalam pertarungan (pada Jumat lalu), tetapi Shin Tae-yong bukanlah pelatih yang buruk. Dia bisa membalikkan keadaan,” ujar eks juru taktik Timnas Vietnam U-21 itu, seperti dilansir dari Soha.vn pada Sabtu (7/5/2022).

“Dalam skuad Indonesia, ada beberapa pemain bagus yang belum datang (misalnya winger Asnawi Mangkualam), mereka belum beradaptasi. Jika mereka dilengkapi kekuatan terbaik dan dipersiapkan dengan matang seperti kami, situasi kemarin mungkin akan berbeda. Tak wajar mereka kalah total dari kami dalam 90 menit,” sambungnya.

Lebih lanjut, Pang berharap para penggemar dapat melihat Skuad Garuda secara objektif. Timnas Indonesia bisa saja menunjukkan perubahan signifikan jika bersua dengan The Golden Star di babak final.

“Kita tidak membuat alasan untuk mereka, tetapi kita harus melihat ini secara objektif. Jangan hanya terpaku pada (hasil pertandingan) kemarin. Kita juga harus menganalisis dari sisi lain. Jika bertemu lagi dengan Indonesia di babak final, hasilnya mungkin berbeda dengan laga kali ini,” pungkasnya dikutip dari Soha.vn.

3 dari 3 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Indonesia akan kembali melakoni pertandingan kedua kontra Timor Leste pada Selasa (10/5/2022) sore WIB. Skuad Garuda mau tak mau harus menaklukkan Lafaek jika ingin mengamankan peluang untuk lolos ke semifinal.

“Lupakan kekalahan di laga pertama. Ada kekurangan iya. Ini yang harus diperbaiki di pertandingan selanjutnya. Saya minta (pelatih) Shin Tae-yong perbaiki itu dan bisa menang di laga-laga selanjutnya," ujar Ketum PSSI Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Simak jadwal lengkap pertandingan Timnas Indonesia U-23 di fase penyisihan grup SEA Games 2021 di bawah ini.

Senin, 10 Mei 2022

19.00 WIB: Indonesia vs Timor Leste

Jumat, 13 Mei 2022

16.00 WIB: Filipina vs Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

16.00 WIB: Indonesia vs Myanmar