Sukses

Jadi Incaran Barcelona, Robert Lewandowski Bakal Jadi Pengganti Lionel Messi di Camp Nou?

Robert Lewandowskimenjadi subjek ketertarikan Barcelona. Sang raksasa Catalan siap menyodorkan kontrak tiga tahun sekaligus memberinya peran yang ditinggalkan Lionel Messi di Camp Nou. Kontrak Lewy di Bayern Munchen akan habis pada Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan Robert Lewandowski di Bayern Munchen belakangan santer menjadi bahan pembicaraan. Kontrak pemain internasional Polandia itu akan berakhir pada musim panas 2023. Namun, ia tak kunjung menyegel kesepakatan baru dengan pihak klub.

Barcelona nampaknya mencoba mengambil keuntungan dari situasi ini. Blaugrana dilaporkan telah menyodorkan tawaran khusus demi menggaet Lewandowski. Klub yang ditukangi oleh Xavi Hernandez itu berencana memberinya peran Lionel Messi di Camp Nou.

Dilansir dari Mirror, Lewandowski memang telah menegaskan niatnya untuk tidak memperpanjang kontrak dengan sang raksasa Bundesliga. Jika hal ini terus berlanjut, pemain berusia 33 tahun itu kemungkinan bakal meninggalkan Allianz Arena dengan status bebas transfer pada penghujung musim depan.

Ia juga diizinkan bernegosiasi dengan klub lain mulai 1 Januari 2023. Adapun Barcelona diyakini sebagai klub terdepan yang berpotensi mengamankan tanda tangan Lewandowski. Diario Sport menyebut Blaugrana telah memberi tahu sang pemain bahwa ia akan mengisi posisi yang ditinggalkan Lionel Messi awal musim ini.

Hal ini bisa menjadi kesepakatan menarik buat Lewandowski. Pasalnya, Lionel Messi selama ini tak hanya berperan sebagai penyerang utama klub, tetapi juga memegang status cukup tinggi dalam ruang ganti Barcelona.

Laporan lain juga mengeklaim Barca telah mencapai kesepakatan verbal dengan sang pemain. Klub yang kini bertengger di peringkat dua klasemen La Liga Spanyol itu bersedia memberi kontrak tiga tahun bagi Lewandowski di Camp Nou.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Bayern Munchen

Kepindahan Lewandowski tak pelak bakal menyebabkan kehilangan besar bagi Bayern Munchen. Apalagi eks pemain Borussia Dortmund itu memiliki rekor gemilang dan kerap menjadi mesin pencetak gol andalan Die Roten.

CEO Bayern Munchen Oliver Kahn sempat memberi tanggapan soal rumor kepergian Lewandowski dari Allianz Arena. Ia mengaku tak merasa khawatir dengan situasi tersebut, meski sang pemain bakal memasuki tahun terakhir dalam kontraknya.

“Saya tidak khawatir sedikit pun soal situasi ini. Tentunya saya sangat tenang karena suara dari luar tidak menekan kami,” ujar Kahn beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Liputan6.com.

“Saat ini, kami sedang berkomunikasi dengannya (Lewandowski), kami berbicara, kami ingin dia bertahan (di Bayern Munchen) selama mungkin,” kata sang CEO mengenai progres transfer Lewandowski pada akhir pekan ini, dikutip dari Mirror.

Kahn menilai Lewandowski mungkin butuh waktu untuk mempertimbangkan situasinya. Walau begitu, ia yakin sang pemain menikmati kariernya di Bayern Munchen. Hal itu terlihat dari kontribusi Lewy mencetak kurang lebih 40 gol per musim bersama Die Roten.

“Para pemain top kadang berpikir untuk mencoba hal lain dan butuh beberapa saat untuk meyakinkan mereka,” pungkas Kahn.

3 dari 3 halaman

Erling Haaland

Sebelum dikaitkan dengan Lewandowski, Barcelona sempat dilaporkan berniat menyewa jasa bintang Borussia Dortmund Erling Haaland. Laporta bahkan bertemu dengan agen Mino Raiola dalam beberapa kesempatan. Juru taktik Blaugrana Xavi Hernandez juga kabarnya terbang ke Jerman untuk membujuk penggawa muda asal Norwegia itu.

Melansir laporan Mirror, Haaland sejatinya tertarik dengan potensi kepindahan ke Barcelona. Namun, sang pemain juga tengah menjadi subjek incaran sejumlah klub populer lain seperti Real Madrid, Bayern Munchen, dan Manchester City, yang diyakini lebih stabil secara finansial.

Sebagai informasi, Barcelona perlu merogoh kocek setidaknya 250 juta euro, termasuk biaya transfer 75 juta euro yang harus dibayarkan ke Borussia Dortmund, jika mereka ingin memboyong Erling Haaland ke Camp Nou. Sang raksasa Catalan juga harus memenuhi tuntutan gaji sang pemain, sekaligus memberi komisi sekitar 60 juta euro untuk agen Mino Raiola.

Blaugrana kabarnya sedang dalam tahap pembicaraan untuk mencapai kesepakatan investasi dengan CVC. Sayangnya, walau telah menerima sokongan dana dari perusahaan tersebut, Barcelona masih perlu melepas beberapa pemain demi menyeimbangkan konfisi keuangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.