Sukses

MotoGP Mandalika: 2 Kali Terjatuh di Kualifikasi, Marc Marquez Bertekad Selesaikan Balapan

Marc Marquez bertekad berjuang dalam balapan MotoGP Mandalika 2022 meski sempat terjatuh dua kali dalam babak kualifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez bertekad untuk menyelesaikan balapan MotoGP Mandalika yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022). Pembalap Repsol Honda tersebut sebelumnya mengalami sesi yang sulit dalam kualifikasi pertama setelah terjatuh dua kali.

"Saya kurang lebih baik-baik saja setelah dua kecelakaan hari ini. Ketika Anda berada di Q1 Anda harus mengambil risiko dan inilah yang bisa terjadi," kata Marc Marquez dalam keterangan tertulis MotoGP Mandalika 2022 seperti dikutip dari Antara.

Marc Marquez juga merasa tidak puas dengan hasil yang didapat pada kualifikasi MotoGP Mandalika 2022. Selain itu, pembalap Spanyol ini juga kecewa karena harus kehilangan posisi start ke-15 di sisi kanan menjadi posisi 14 di tengah.

"Satu-satunya hal yang baik adalah kami memulai dari posisi ke-15 di bagian trek yang bersih, tetapi sekarang kami akan memulai di sisi yang kotor setelah penalti Morbidelli," ucapnya.

"Begitulah, besok (hari ini) kita harus berjuang. Pada kenyataannya kami jauh lebih baik dari apa yang terlihat hari ini. Bahkan, dengan bagian belakang yang berbeda. Tujuannya adalah untuk mencoba menyelesaikan balapan," tambah juara dunia MotoGP enam kali itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ban belakang

Tim Repsol Honda mengalami hal sulit karena masalah ban belakang. Kondisi ini membuat Marc Marquez dan Pol Espargaro tidak dapat menunjukkan kecepatan mereka.

Hujan deras yang membasahi sirkuit sepanjang 4,3km membuat Marquez dan Espargaro harus berjuang pada kualifikasi pertama. Saat trek mengering di FP3, dia beralih ke ban slick dan menunjukkan kemampuannya dalam kondisi basah-kering untuk mencatatkan lap tercepat.

Namun, kualifikasi pertama menjadi rumit bagi Marquez karena terjatuh di tikungan 13 saat setengah sesi tersisa. Dia kembali ke pit untuk memasang kembali mesin keduanya dan kembali ke trek tetapi kembali terjatuh, kali ini di tikungan 12.

Seperti rekan setimnya, Espargaro memacu kecepatannya untuk mencoba dan masuk sepuluh besar secara keseluruhan di latihan bebas ketiga setelah mengalami masalah pada latihan bebas kedua. Espargaro mencatat waktu terbaik 1:31,831 – hampir 0,8 detik lebih lambat dari waktu tercepatnya saat tes beberapa pekan lalu.

"Hari ini adalah hari yang sangat berat, saya tidak bisa mengatakan bahwa saya kecewa. Ban belakang yang berbeda yang kami miliki di sini tidak bekerja dengan motor baru kami dan itu menyebabkan kami banyak berjuang dan memiliki lebih banyak masalah," papar Espargaro.

 

3 dari 3 halaman

Posisi 16

Espargaro akan start di posisi ke-16 untuk balapan hari ini. "Kami menunjukkan potensi kami di sini dalam tes pertama dengan ban yang akan kami gunakan sepanjang tahun," ujarnya.

"Balapan besok (hari ini) adalah tentang mencapai akhir, hanya itu yang bisa kami lakukan. Kami akan kembali lebih kuat," pungkasnya.

Balap MotoGP 2022 akan berlangsung dalam 27 putaran dan akan dimulai pukul 15:00 WITA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.