Sukses

Digelar di Jakarta, Kejuaraan Hoki Asia Piala AHF Putra 2022 Tanpa Penonton

Kejuaraan Hoki Asia Piala AHF Putra 2022 akan berlangsung di Jakarta 11-20 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Tak cuma MotoGP, di bulan Maret 2022 ini Indonesia juga akan menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi lainnya. Kejuaraan hoki tingkat Asia bertajuk Men's AHF Cup 2022 (Piala AHF Putra 2022) akan dilangsungkan di Jakarta.

Piala AHF Putra 2022 berlangsung 11-20 Maret 2022 di Lapangan Hoki GBK, Jakarta. Turnamen ini merupakan salah satu kualifikasi untuk tim peserta menuju Piala Asia Hoki Putra 2022.

Piala AHF Putra 2022 diikuti 9 negara termasuk timnas hoki Indonesia. Tim Merah Putih sendiri tergabung di Pool B bersama dengan Oman, Singapura, Bangladesh, dan Iran.

Sementara, Grup A dihuni Kazakhstan, Sri Lanka, Thailand, dan Uzbekistan. Ajang ini seharusnya diikuti oleh 10 negara. Namun China terpaksa mundur akibat skuadnya terpapar Covid-19.

Meski kegiatan olahraga di Jakarta sudah diperbolehkan dihadiri penonton karena masuk PPKM Level 2, Piala Asia Hoki Putra ini dipastikan akan tetap digelar tanpa penonton umum. Ada sejumlah pertimbangan penonton belum diperbolehkan hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan

"Piala AHF Putra 2022 akan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat. Jakarta memang sudah PPKM level 2, tapi untuk menjaga tetap sehat, kami memutuskan tdk ada penonton," ujar Sekretaris Jenderal PP FHI, Yasser Arafat Suaidy dalam jumpa pers jelang Piala AHF Putra 2022 sebagaimana dilansir Antara, Kamis (10/3/2022).

Meski tanpa penonton umum, Piala AHF Putra 2022 ini akan dihadiri beberapa tamu VIP. "Hanya tamu VIP saja yang bakal hadir seperti pejabat kementerian," lanjut Yasser.

3 dari 4 halaman

Pujian

Sementara itu dalam jumpa pers jelang Piala AHF Putra 2022, Chief Executive AHF Dato Tayyib Ikram memuji Indonesia yang bisa menggelar turnamen hoki di tengah situasi sulit pandemi Covid-19.

"Hoki Indonesia fantastis. Dalam kondisi sulit seperti sekarang bisa mewujudkan turnamen ini. Terimakasih atas kesempatan ini. Ini bukti kita semua di Asia bisa mengalahkan covid-19," ujar Ikram.

"Saya berterima kasih kepada semua tim yang bersedia datang dalam situasi yang sangat menantang ini. Tak mudah untuk berangkat ke Indonesia dalam Situasi kaya gini dengan segala kesulitan dan rintangan. Kami sangat mengapresiasi usaha anda untuk bisa hadir disini."

4 dari 4 halaman

Dukungan Kemenpora

Perjuangan Timnas Hoki Outdoor Indonesia mendapat dukungan langsung dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia atau Kemenpora. Hal itu ditunjukkan dengan keterlibatan Plt. Sekretaris Kemenpora, Jonni Mardizal, dalam acara pelepasan Timnas Hoki Outdoor Indonesia, Kamis (10/3/2022) malam WIB.

"Sebagai tuan rumah, harus menjadi tuan rumah yang baik namun tetap berprestasi. Jadi juara kalau bisa, karena kita punya keuntungan sebagai tuan rumah. Kita juga kan dilatih oleh pelatih yang qualified sehingga bisa jadi nilai tambah bagi timnas kita," jelas Jonni.

Sementara itu, kapten Timnas Hoki Outdoor Indonesia, Daarul Quthni, cukup yakin timnya bisa berbicara banyak di event Men's AHF Cup 2022 ini. Pasalnya, Timnas Hoki Outdoor Indonesia sudah melakukan pelatihan nasional sejak satu setengah bulan ke belakang.

"Persiapan event ini tinggal mengatur mental anak-anak karena di latihan hari terakhir kami sudah melakukan test match dan Alhamdulillah makin baik. Insya Allah kami bisa banyak berbicara di event ini," kata Daarul.

"Target kami mencapai semifinal. Kalau kami konsisten mainnya, Insya Allah bisa final. Yang terpenting kami harus bisa melewati Bangladesh dan Oman di Grup B," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.