Sukses

Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand: Statistik Pertandingan Tunjukkan Kelemahan Garuda

Statistik pertandingan menunjukkan betapa jauhnya perbedaan kualitas Thailand dan Indonesia. Timnas Garuda punya kesempatan memperbaiki di leg 2.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia harus tertunduk lesu karena kalah telak 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (29/12/2021). Indonesia tak berdaya oleh gelontoran gol Chanathip Songkrasin (2 gol(, Supachok Sarchart dan Bordin Phala.

Kekalahan ini membuat peluang Indonesia di leg 2 final Piala AFF 2020 praktis nyaris tertutup. Meski begitu, pelatih Indonesia Shin Tae-Yong meminta pasukannya lupakan hasil buruk itu.

Dia ingin pemain Indonesia tetap memberikan yang terbaik untuk fans Garuda. Dia ingin Evan Dimas cs bangkit untuk memberi hasil lebih baik di leg kedua melawan Thailand.

"Jujur tidak menyangka bisa kemasukan banyak gol dan skor yang beda jauh. Saya merasakan pengalaman sangat dibutuhkan," ujar Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai laga.

"Kita harus kerja keras sampai akhir. Kita juga harus kerja keras demi fans. Kalau begitu, kita akan mendapat hasil yang baik," kata Shin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Statistik Pertandingan

 

Statistik pertandingan memperlihatkan memblenya permainan Indonesia lawan Thailand. Dari penguasaan bola, Indonesia kalah jauh yaitu 66,6 persen Thailand dibandingkan 33,4 persen.

Penguasaan bola yang tinggi membuat Thailand memiliki sekitar 28 kali tendangan bola mati dari tendangan bebas dan sudut. Tendangan bebas 21 kali, sudut 7 kali.

Sedangkan Indonesia hanya mendapatkan 1 kali tendangan sudut dan 13 kali tendangan bebas.

 

3 dari 4 halaman

Serangan Hancur

 

Bicara serangan, Indonesia lagi-lagi kalah dari Thailand. Tim Gajah Putih tercatat melepas 9 kali tendangan ke arah gawang. Sedangkan Indonesia satu kali saja.

Jumlah tembakan melenceng Thailand 8, sedangkan Indonesia 3. Ini membuat akurasi tembakan Thailand berkisar 47,3 persen berbanding 25 persen Indonesia.

Indonesia agak mengimbangi Thailand dalam hal ketepatan umpan. Indonesia melepas 72,7 persen umpan akurat, sedangkan Thailand 85,6 persen.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF 2020

  • Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia
    Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia

    Indonesia vs Thailand

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Shin Tae-Yong merupakan pelatih anyar yang menukangi Timnas Indonesia sejak 2019
    Shin Tae-Yong merupakan pelatih anyar yang menukangi Timnas Indonesia sejak 2019

    Shin Tae-Yong