Sukses

Tim Bulu Tangkis Indonesia Mundur dari Turnamen di India

Batal berlaga di Kejuaraan Dunia, tim bulu tangkis Indonesia lagi-lagi dinyatakan mundur dari tiga turnamen di India pada Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta Usai batal berlaga di Kejuaraan Dunia pada 12–19 Desember lalu, tim bulu tangkis Indonesia baru-baru ini kembali dinyatakan mundur dari tiga turnamen di India yang bakal dihelat pada Januari 2022 mendatang.

Adapun, ketiga turnamen yang dimaksud adalah India Open 2022 (11–16 Januari), Syed Modi India International 2022 (18–23 Januari), dan Odisha Open 2022 (25–30 Januari).

Dikutip dari unggahan di Twitter resmi Badminton Indonesia, PBSI memutuskan untuk menarik mundur skuad bulu tangkis karena khawatir performa tim tidak maksimal.

Pasalnya, mereka baru saja mengambil rehat usai menjalani rangkaian turnamen tanpa henti sejak Piala Sudirman, September lalu, hingga Indonesia Badminton Festival 2021.

“Performa pemain diprediksi tidak akan maksimal. Maklum, mereka baru saja rehat dari menjalani pertandingan dengan intesitas yang demikian tinggi dan terus menerus sejak membela Indonesia pada perebutan Piala Sudirman di Finlandia,” bunyi unggahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Kurang Optimal

PBSI juga mengungkapkan bahwa seluruh atlet di Pelatnas Cipayung telah dikembalikan ke klub masing-masing sejak 18 Desember 2021. Sempitnya jarak antara libur Natal-Tahun Baru serta waktu pelaksanaan turnamen membuat persiapan pemain dinilai kurang optimal.

Selain itu, PBSI juga mempertimbangkan adanya agenda besar berupa seleksi nasional pada awal Januari, yang mengakibatkan seluruh fasilitas latihan di Pelatnas Cipayung tak dapat digunakan. Berangkat dari pertimbangan ini, PBSI lantas membatalkan keikutsertaan skuad Indonesia dari turnamen di India.

“Seluruh penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, sejak 18 Desember 2021, dikembalikan ke klubnya masing-masing. Dengan kondisi seperti ini, persiapan pemain tidak akan maksimal,” ujar pihak PBSI melalui unggahan di Twitter.

“Pada awal Januari, PBSI akan menggelar kegiatan seleksi nasional di Pelatnas Cipayung, yang diikuti ratusan pemain dari 34 provinsi. Dengan hadirnya para peserta seleksi nasional, tidak ada fasilitas berlatih,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Ajang Prioritas

Keputusan penarikan wakil Indonesia diharapkan dapat memberi waktu khusus bagi para atlet untuk melakukan recovery jelang menghadapi berbagai ajang prioritas sepanjang 2022.

Batal unjuk gigi di India, skuad bulu tangkis Indonesia masih bisa berlaga di Spain Masters 2022 dan Yonex Gainward German Open 2022. Dua turnamen berlabel Super 300 ini dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022.

Di samping itu, ada pula Yonex All England Open Badminton Championships 2022 yang bakal dihelat pada 16–20 Maret tahun depan. Turnamen ini bisa menjadi ajang pembalasan bagi tim badminton Tanah Air yang dipaksa mundur dari gelaran serupa pada Maret 2021 lalu.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.