Sukses

Beberapa Wilayah di Bali Ikut Rasakan Gempa Jember Kamis Pagi

Wilayah Jember, Jawa Timur diguncang gempa berkekuatan 5,1 skala richter pada Kamis (16/12/2021) pagi WIB. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di 42 km di laut.

Liputan6.com, Jember Wilayah Jember, Jawa Timur diguncang gempa berkekuatan 5,1 skala richter pada Kamis (16/12/2021) pagi WIB. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di 42 km di laut.

"Pusat gempa berada di laut 42 km baratdaya Jember," mengutip laman milik BMKG.

Dari keterangan BMKG, gempa tersebut berada di kedalaman 10 km. Namun demikian, gempa Jember dinilai tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

BMKG sendiri sempat meminta masyarakat sekitar untuk tetap berhati-hati. Pasalnya, bukan tidak mungkin ada gempa susulan setelahnya.

"Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis keterangan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirasakan Beberapa Wilayah

Gempa yang terjadi di Jember, Jawa Timur sempat dirasakan di beberapa wilayah. Bahkan, gempa juga dirasakan di beberapa wilayah di provinsi Bali.

"Getaran dirasakan hingga III Denpasar, III Kuta, III Legian, II-III Banyuwangi, II Jimbaran, II Puger, II Karangkates, I-II Lumajang, I-II Bondowoso," tulis BMKG.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.