Sukses

Gagal di Ballon d'Or, Salah Rebut Penghargaan yang Belum Pernah Dimenangkan Messi

Sayang, Mohamed Salah tidak bisa hadir untuk menerima penghargaan spesial tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Striker Liverpool harus menunda mimpinya memenangkan gelar Ballon d'Or pada tahun ini. Trofi bola emas tersebut kembali jatuh ke tangan pemain Paris Saint Germain, Lionel Messi untuk kali ketujuh.

Dalam pemungutan suara, Salah hanya menempati posisi ketujuh. Meski demikian, pemain asal Mesir itu tak perlu berkecil hati karena dia justru meraih penghargaan lain yang tak pernah direbut Messi. 

Seperti dilansir dari Sportbible, dalam acara Gala Champion di Monaco, Senin lalu, Salah berhasil memenangkan Golden Foot Award. Pemain berusia 29 tahun tersebut berhasil mengalahkan nama-nama besar lainnya seperti bek veteran, Sergio Ramos, Neymar, dan Robert Lewandowski.

Salah tidak bisa hadir untuk menerima plakat kaki emas-nya. Dia diwakilkan oleh sang istri tercinta. 

"Saya selalu senang ketika memenangkan penghargaan," ujar Mohamed Salah.

"Penghargaan Kaki Emas punya arti khusus bagi saya, karena dimenangkan oleh banyak legenda sepak bola dunia. Untuk alasan ini, saya menganggapnya sebagai penghargaan yang benar-benar istimewa."

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Dimenangkan Messi

Golden Foot Award digelar sejak 2003 lalu. Penghargaan ini diberikan kepada pemain di atas 28 tahun yang dinilai telah memberi kontribusi luar biasa kepada sepak bola baik sebagai atlet maupun individu.

Menariknya, setiap pemain hanya boleh memenangkannya sekali saja. Dan hingga saat ini, baru 19 pemain yang menerima trofi Kaki Emas. Salah satunya adalah legenda timnas Italia, Roberto Bagio.

Penghargaan yang sama sebelumnya juga diberikan kepada Ronaldinho, Roberto Carlos, Zlatan Ibrahimovic, hingga Pavel Nedved dan Ryan Giggs. Sementara Lionel Messi yang sudah menginjak usia 34 tahun belum sekalipun berhasil memenangkan penghargaan seperti yang diterima Salah.

 

3 dari 3 halaman

Kiprah Salah

Golden Foot Award tidak hanya menambah koleksi trofi yang dimenangkan Salah. Gelar ini sekaligus menjadi pengingat kebangkitanya bersama Liverpool setelah sempat terpuruk bersama Chelsea. 

Pada musim ini, Salah kembali menggebrak bersama The Reds. Dia sudah mencetak 11 gol dan 8 assist hanya dalam 13 pertandingan di Liga Inggris. Sementara Liverpool kini berada di urutan ketiga pada papan klasemen atau terpaut dua poin dari pimpinan sementara, Chelsea. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.