Sukses

Solskjaer Dipecat, Trio Pelatih MU Juga Seharusnya Angkat Kaki

Liputan6.com, Jakarta Paul Scholes menilai langkah Manchester United memecat Ole Gunnar Solskjaer belum cukup. Menurut mantan pemain MU tersebut, seluruh staf pelatih yang tersisa saat ini juga sebaiknya angkat kaki. 

Solskjaer dipecat dari jabatannya setelah MU menelan kekalahan 1-4 di kandang Watford, pekan lalu.  Namun staf pelatih yang sebelumnya bekerjasama dengan Solskjaer, masih tetap bertahan.

Beberapa minggu lalu, Manajemen MU ternyata secara diam-diam memberi kontrak baru kepada Michael Carrick, Kieran McKenna, dan Mike Phelan serta, pelatih kiper Richard Hartis.  Kesepakatan ini kabarnya telah disetujui pada musim panas lalu saat Solskjaer memperpanjang kontrak di MU

Carrick kini menjabat sebagai pelatih interim MU. Dia tetap dibantu staf lain, McKenna, Phelan, dan Hartis. Dan menurut Scholes, mereka seharusnya ikut bertanggung jawab atas keterpurukan MU. 

Di bawah kendali Carrick, MU sukses memetik tiga poin saat bertandang ke markas Villarreal, Rabu (24/11/2021). Kemenangan 2-0 sekaligus mengantar MU ke babak 16 besar Liga Champions 2021/22.

"Kita berbicara tentang orang-orang di atas,” kata Paul Scholes kepada BT Sport. "Empat minggu lalu setelah laga melawan Liverpool, itulah saatnya, ketika kami tahu Ole akan pergi, itu sudah jelas. Jadi orang-orang di atas perlu menyiapkan manajer berikutnya dan staf berikutnya," ujarnya. 

"Saya hampir malu melihat di staf sekarang, setelah apa yang terjadi pada Ole, mereka semua harus pergi. Apakah mereka dipecat atau tidak. pergi sendiri karena mereka adalah bagian dari tim Ole."

 

2 dari 4 halaman

Satu Kesatuan

Menurut Shcoles, Solskjaer dan stafnya adalah satu kesatuan. Kegagalan Solskjaer di MU seharusnya juga menjadi kegagalan mereka. Dan ketika Solskjaer pergi, para stafnya juga wajib mengikuti.

"Ole memercayai mereka setiap minggu untuk persiapan dan mereka telah mengecewakan klub dan para pemain seperti halnya Ole. Jika Anda adalah Ole, seorang manajer pria, dia mempercayai Michael dan Kieran ... tanggung jawab atas penampilan di lapangan, jadi apa yang akan berubah? [Seorang manajer baru] seharusnya sudah disiapkan sekarang," beber peria berusia 47 tahun tersebut. 

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Carrick

Kritik yang disampaikan Scholes ternyata sampai juga ke telinga Carrick. Usai membawa MU mengalahkan Villarreal, Carrick pun menanggapinya. 

"Ini jelas menjadi hari-hari yang emosional. Orang pertama yang saya ajak bicara setelah Ed [Woodward] meminta saya untuk melakukan peran ini adalah Ole, untuk melihat apa yang dia pikirkan tentang itu karena saya merasa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata Carrick. 

“Saya punya tanggung jawab untuk berada di sini mengelola tim dan saya sangat bangga akan hal itu."

 

4 dari 4 halaman

Kandidat Bermunculan

Kepergian Ole Gunnar Solskjaer telah memunculkan sejumlah nama sebagai calon pelatih MU. Mulai dari Zinedine Zidane, Brendan Rodgers, hingga pelatih Mauricio Pochettino. Belakangan, mencuat juga nama mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.