Sukses

Atlet Jetski Indonesia Kembali Torehkan Prestasi di Kejuaraan Dunia

Atlet jetski Indonesia membawa kabar baik dari Kejuaraan Dunia di Arizona Amerika Serikat Oktober lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Olahraga jetski kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hasil membanggakan diraih atlet jetski Indonesia di kejuaraan dunia jetski World Finals 2021.

Baru-baru ini torehan membanggkan diraih atlet jetski Indonesia Aqsa Sutan Aswar yang sukses menyabet juara kedua dalam kejuaraan dunia jetski World Finals 2021 di Lake Havasu Arizona, Amerika Serikat. Ajang bergengsi ini digelar pada Oktober 2021.

Di ajang World Finals 2021 di Arizona, selain Aqsa, dua atlet jetski Indonesia lainnya Aero Sutan Aswar (kakak kandung Aqsa) dan Wisnu Dwihutomo juga menorehkan prestasi yang membanggakan. Aero Aswar berhasil menjadi juara 4 dan 5 serta Wisnu Dwihutomo menduduki posisi 7.

Sebelumnya di kejuaran World Finals tahun 2019, Aero Aswar menjadi juara dunia di kelas Pro Endurance Runabout Open dengan menyabet poin tertinggi 400. Ini merupakan gelar kedua Aero. Sebelumnya dia juga pernah meraih predikat Juara Dunia pada tahun 2016.

Prestasi ini menjadi bukti Jetski mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Salah satu olahraga air (water sport) ini juga amat potensial memajukan wisata olahraga atau sport tourism di Tanah Air sebagai destinasi jetski yang diminati bukan hanya para peminat jetski pun wisatawan umum.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) Syaiful Sutan Aswar yang akrab disapa Fully dalam acara syukuran dengan para atlet juara dunia jetski dari Indonesia di venue Jetski Indonesia Academy, Ancol, Jakarta, Minggu (7/11/2021).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prestasi Membanggakan

Sebelumnya Aqsa yang meraih emas Asian Games 2018, juga berhasil meraih posisi juara pertama di World Cup 2018 di Thailand, serta Juara Kedua dii World Finals 2018.

Bukan cuma itu saja altet baru Indonesia usia termuda di dunia Rafa Miza (11 thn saat itu) di Worlds Finals 2019 meraih posisi ke Tiga di kategori Amateur R/A lite Stock dan Wisnu meraih posisi Ketiga di kategori Amateur R/A Stock.

Keberhasilan para atlet jetski Indonesia membentangkan Merah Putih di panggung dunia, tak lepas dari tangan dingin Fully sebagai pelatih.

"Di Jetski Indonesia Academy ini, memang khusus untuk mencetak atlet-atlet kelas dunia, bukan kelas lokal apalagi untuk main-main. Jadi latihannya beda," lanjut Fully seraya membocorkan bentuk latihannya antara lain berupa latihan fisik, mental, kemampuan teknik, dan strategi menghadapi lawan.

3 dari 3 halaman

Potensi Wisata Olahraga

Masih menurut Fully, lewat jetski ini kita akan memajukan sport tourism di sejumlah destinasi di Tanah Air.

"Indonesia amat kaya destinasi wisata olahraga untuk jetski. Pantainya sangat banyak, dengan membuat klub jetski yang serius, mandiri dan profesional yang berafiliasi dengan PP IJBA sehingga berkembang menjadi destinasi jetski yang saat ini sudah kita jalankan."

Acara syukuran yang diadakan IJBA selaku asosiasi jetski nasional dan Jetski Indonesia Academy serta didukung Quantum Publisher ini juga dihadiri Sekjen PP IJBA Rinaldi Duyo, dan para atlet juara dunia jetski dari Indonesia Aero Aswar, Aqsa Aswar, dan Wisnu Dwihutomo.

Rinaldi Duyo mengungkapkan salah satu cara untuk terus mengharumkan nama Indonesia di dunia lewat jetski adalah dengan rutin mengirim para atlet ke berbagai kejuaraan level internasional dengan target sebagai juara. Contohnya ke kejuaraan jetski di Thailand, Eropa, Amerika Serikat Series, sampai puncaknya di World Finals di Lake Havasu, Arizona.

IJBA.dan Jetski Indonesia Academy akan terus menyiapkan bibit-bibit baru sebagai atlet jetski berprestasi dan bermental juara dunia seperti Aero dan Aqsa. "Supaya nama Indonesia tetap diperbincangkan dan disegani di kalangan internasional," pungkas Rinaldi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.