Sukses

Cristiano Ronaldo Untung, 3 Pemain Justru Bisa Jadi Korban Formasi Baru MU

Perubahan formasi itu diamati oleh mantan kapten MU, Garry Neville. Ia menilai, formasi tersebut bakal menguntungkan Cristiano Ronaldo.

Liputan6.com, Manchester - Tekananan sedikit mereda bagi Ole Gunnar Solskjaer usai timnya, Manchester United (MU) menang 3-0 atas Tottenham Hotspur di Liga Inggris, Sabtu (30/10/2021) malam WIB. Hasil tersebut paling tidak memberikan Solskjaer kesempatan bernafas lega di tengah isu pemecatannya.

Saat melawan Tottenham, Solskjaer terlihat mengganti formasi MU. Dari 4-2-3-1, manajer asal Norwegia itu memilih formasi 5-3-2.

Perubahan formasi itu diamati oleh mantan kapten MU, Garry Neville. Ia menilai, formasi tersebut bakal menguntungkan Cristiano Ronaldo.

Di saat bersamaan, formasi defensif tersebut bakal mengorbankan tiga pemain muda MU. "Dia biasanya memainkan 4-2-3-1 selama 37 pertandingan, jadi ini bukan rencananya memakai 5-3-2," ujar Neville seperti dilansir Manchester Evening News.

"Tetapi perubahan itu menguntungkan Ronaldo karena itu menghilangkan bebannya untuk bertahan," katanya menambahkan.

Neville mengungkapkan, tiga pemain yang bisa jadi korban adalah Jadon Sancho, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford. Pasalnya, ketiganya merupakan pemain bertipe menyerang.

Dengan memasang 5-3-2, Solskjaer mau tak mau harus memilih pemain yang bertipe bertahan. Padahal, Neville merasa Solskjaer pada mulanya tidak berencana memakai taktik tersebut.

"Meninggalkan Sancho, Greenwood, dan Rashford di bangku cadangan bukanlah rencananya. Itu bukan rencana sewaktu bursa transfer awal musim," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cocok dengan Ronaldo

Hanya saja, Neville merasa MU akan meneguk keuntungan maksimal dari Ronaldo jika memakai formasi 5-3-2. Dalam formasi tersebut, Neville menilai Ronaldo benar-benar menjadi bagian dari tim.

Hal itu berkebalikan dengan penampilan Ronaldo ketika MU ditekuk Leicester (2-4) dan Liverpool (0-5). Dalam laga itu, Ronaldo yang diminta untuk bertahan, bermain seperti anak hilang.

"Dia terlihat seperti bocah, tetapi formasi melawan Tottenham sangat cocok untuknya, itu membuatnya menjadi bagian dari permainan," kata Neville.

3 dari 3 halaman

Lima Laga MU Berikutnya

3 November 2021

03.00 WIB, Atalanta vs Manchester United

6 November 2021

19.30 WIB, Manchester United vs Manchester City

20 November 2021

22.00 WIB, Watford vs Manchester United

24 November 2021

00.45 WIB, Villarreal vs Manchester United

28 November 2021

23.30 WIB, Chelsea vs Manchester United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo