Sukses

Siap-Siap, Klub BRI Liga 1 Segera Muncul di Game eFootball / PES

Pembicaraan dengan Konami berjalan dengan baik. Tak lama lagi klub BRI Liga 1 bisa muncul di game eFootball atau PES.

Liputan6.com, Jakarta- Penantian panjang pecinta game dan sepak bola di Indonesia akan segera berakhir. Klub-klub lokal peserta BRI Liga 1 kemungkinan akan nongol di game sepak bola populer Pro Evolution Soccer (PES) atau yang akan berganti nama menjadi eFootball.

Pembuat game eFootball, Konami, rupanya sudah mulai melakukan pembicaraan dengan pihak terkait di Indonesia agar klub-klub BRI Liga 1 bisa muncul secara resmi di game buatan mereka.

Ikhwal bakal hadirnya klub-klub Indonesia di game PES atau eFootball diungkap CEO Indonesian Football e-League atau IFeL Putra Sutopo. IFeL sendiri sudah ditunjuk secara resmi oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) dan PT.LIB (Liga Indonesia Baru) sebagai operator resmi Kompetisi Liga Sepakbola Virtual di Indonesia.

Pihak IFeL sudah melakukan pembicaraan dengan Konami agar klub Indonesia hadir di game sepak bola ternama tersebut. Pembicaraan sejauh ini berjalan dengan baik.

"IFeL dan PSSI sedang proses komunikasi dengan Konami agar ada klub BRI Liga 1 di eFootball.  Sudah 60 persen. Hanya masalah administrasi saja. Kami sudah memaparkan dan responsnya sangat baik dari Konami," ujar Putra, Rabu (27/10/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Beres

Berkaca pada pembicaraan dengan Konami sejahtera ini, Putra cukup optimistis klub lokal Indonesia bisa nongol di eFootball 2023 atau bahkan di penghujung eFootball 2022.

"Ada kendala administratif dari berbagai pihak. Harusnya ada tahun ini. Konami minta pembuktian market game mereka besar di Indonesia dan industrinya sudah bagus disini. Kurang satu surat yang bisa golin semuanya. Saya yakin sudah ada di eFootball 2023 atau saat update akhir-akhir 2022," pungkas Putra.

Selama ini gamer Indonesia yang memainkan PES terpaksa memakai patch tak resmi agar bisa menggunakan klub-klub lokal seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Liga Thailand

Banyak yang berharap klub lokal Indonesia bisa resmi hadir di game besutan Konami tanpa perlu download patch tambahan. Gamers Indonesia dibikin iri dengan Liga Thailand yang sudah ada di PES dalam beberapa musim terakhir.

Bahkan Konami sudah menghadirkan pesepak bola legendaris Thailand Kiatisuk Senamuang di PES 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.