Sukses

Jadi Pencetak Gol Terbanyak Inggris, Wayne Rooney Dinilai Kurang Berprestasi

Meski telah mengantongi predikat sebagai pencetak gol terbanyak di Inggris, Wayne Rooney masih dinilai kurang berprestasi dan gagal memaksimalkan potensinya selama berkarier sebagai pesepak bola

Liputan6.com, London- Meski sukses dinobatkan sebagai salah satu pencetak gol terbanyak di Timnas Inggris, legenda Manchester United (MU) Wayne Rooney masih dinilai kurang berprestasi dan tidak menunjukkan potensi maksimal dalam kariernya sebagai pemain sepak bola.

Peniliaian tersebut disampaikan oleh mantan pemain Chelsea Jason Cundy, seperti dilansir dari SportBible. Pria berusia 51 tahun tersebut mengeklaim kapten Timnas Inggris Harry Kane bakal mampu melampaui rekor gol Wayne Rooney.

Adapun Rooney sejatinya telah menjadi salah satu pemain paling gemilang dalam sejarah sepak bola Inggris. Ia menjalani karier luar biasa di Old Trafford dengan mengangkat lima trofi Liga Premier, satu trofi Liga Champions, satu trofi Liga Europa, satu Piala FA, serta tiga Piala Liga.

Mantan pesepak bola yang kini menjadi juru taktik Derby County tersebut bahkan mampu melewati rekor legenda Sir Bobby Charlton dan sempat merebut predikat pencetak gol terbanyak MU sebelum memutuskan keluar dari klub pada 2017.

Rooney yang menjadi pemain Inggris dengan caps terbanyak kedua setelah Peter Shilton juga tercatat berhasil menyalip Charlton untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah The Three Lions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Memaksimalkan Potensi

Meski demikian, Cundy tetap menilai bahwa tak berlebihan untuk menyebut sang legenda Inggris ini gagal memaksimalkan potensi penuhnya. Menurut Cundy, Rooney harusnya mampu menorehkan lebih dari 53 gol untuk Inggris.

“Dia (Rooney) kurang berprestasi. Bagaimana bisa Harry Kane berada dalam jarak yang hampir menyentuh (rekor) Rooney? Bagaimana dia bisa dekat? Dia (Kane) bakal menyalip Rooney,” ujar Cundy kepada talkSPORT seperti dilansir dari SportBible.

“Dia bukan pemain yang lebih baik dari Rooney, saya hanya berpikir Rooney tidak mencapai potensi penuhnya. Wayne Rooney harusnya mencetak 60, 70, atau mungkin 80 gol untuk Inggris,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Belum Bermain Sebanyak Rooney

 Melansir SportBible, Cundy juga menyebutkan bahwa Kane belum bermain mendekati jumlah pertandingan yang dilakoni Rooney. Akan tetapi, ia yakin Kane mampu mengatasi rekor Rooney.

“Rekor itu untuk Sir Bobby Charlton bertahan selama 40 tahun dan Wayne Rooney hanya akan memegang rekor ini selama lima, enam, (atau) tujuh tahun,” tutur Cundy.

4 dari 4 halaman

Jumlah Gol Harry Kane

Harry Kane sebelumnya tercatat membukukan 40 gol untuk Timnas Inggris dan menempati urutan kelima bersama Michael Owen dalam daftar pencetak gol terbanyak di negaranya.

Akan tetapi, Kane baru saja berhasil menggeser Owen dari posisi tersebut dengan menorehkan satu gol tambahan pada laga Kualifikasi Piala dunia Inggris kontra Irlandia pada Kamis (9/9/2021) dini hari tadi.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.