Sukses

La Liga Diguyur Dana Rp 45 Triliun, Barcelona Segera Resmikan Kontrak Lionel Messi

Liputan6.com, Madrid- Barcelona mendapatkan kabar baik usai operator La Liga mendapatkan suntikan dana tunai sebesar 2,7 Miliar Euro atau Rp 45,8 Triliun dari CVC Capital Partners. Ini setelah La Liga mendapatkan kesepakatan dengan CVC Capital Partners, sebuah perusahaan investasi.

Kenapa ini membantu Barcelona dan juga Real Madrid? Soalnya, klub-klub di La Liga bakal kecipratan dana bantuan ini.

Kesepakatan ini sungguh melegakan karena La Liga sudah mengusahakannya selama satu tahun. 15 persen dari dana Rp 45,8 Triliun bisa dipakai untuk pengembangan klub-klub La Liga termasuk pembelian pemain.

Sedangkan sisanya bakal dipakai untuk perbaikan infrastruktur dan fasilitas stadion klub-klub di La Liga Spanyol. Kalau klub-klub La Liga setuju, seperti dilansir Marca, 270 juta euro atau Rp 4,5 Triliun akan diberikan kepada Barcelona.

Barcelona tentu akan mengamankan kontrak Lionel Messi dengan dana ini. Sedangkan Real Madrid yang dapatkan 261 juta euro mungkin bisa beli Kylian Mbappe.

 

2 dari 3 halaman

Rumit

 

Sebelumnya, Barcelona kesulitan untuk memastikan kontrak Lionel Messi. Barcelona bisa melewati batas pengeluaran gaji kalau Messi didaftarkan ke La Liga.

Kondisi ini sempat membuat Presiden Barcelona, Joan Laporta pusing. Dia bahkan meminta La Liga untuk fleksibel soal ini.

"Kami ingin La Liga tolong lebih fleksibel, seperti yang liga lain lakukan di seluruh Eropa. Kalau bisa seperti itu, kami bisa boyong lebih banyak pemain," kata Joan Laporta seperti dikutip Marca.

 

3 dari 3 halaman

Klub Kecil

 

Dana tunai yang didapatkan La Liga juga jadi kabar baik buat klub kecil. Levante misalnya mengurangi bebannya untuk memenuhi batasan gaji yang ditetapkan La Liga.

La Liga tak menjual royalti apapun kepada CVC. Perusahaan investasi ini hanya menanamkan modal di La Liga dan La Liga harus bayar keuntungan ke CVC.