Sukses

Logo Baru Tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Diluncurkan

Liputan6.com, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meluncurkan logo baru Tim Indonesia yang bakal digunakan pada Olimpiade Tokyo 2020 dan gelaran multievent internasional selanjutnya.

Komite Eksekutif KOI Arlan Lukman menyebut transformasi logo Tim Indonesia merupakan realisasi usulan Federasi Olahraga Nasional (PP/PB) yang ingin tampil dengan simbol Garuda di dada.

Terdapat dua unsur utama pada logo terbaru Tim Indonesia yakni, Burung Garuda dan lima cincin Olimpiade. Menurut Arlan, makna utama dari logo tersebut adalah menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika atau bersatu di dalam perbedaan.

"Perubahan ini dilakukan dengan kembali ke filosofi bahwa Burung Garuda akan melekat di dada atlet Indonesia ketika tampil di ajang besar baik itu single atau multievent," kata Arlan Lukman dalam peluncuran logo secara virtual, Senin (19/7/2021).

Logo baru Tim Indonesia ini sesuai dengan ketentuan Komite Olimpiade Internasional (IOC). "Setiap kontingen atau tim harus memiliki identitas yang tersemat di logo dan Burung Garuda adalah identitas Indonesia," ujarnya.

 

 

Saksikan Video Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Logo Sebelumnya

Logo baru ini diharapkan menjadi semangat baru bagi atlet yang akan berlaga meski di tengah pandemi Covid-19.

"Lambang mempresentasikan atlet Indonesia yang berjuang di tengah segala keterbatasan dan di luar kendali. Tetapi atlet Indonesia terus berjuang," tambah Arlan.

Sejak gelaran Asian Games 2018, Tim Indonesia mengenakan logo Perisai Talawang yang dipakai Suku Dayak dan terdapat obor di atasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS