Sukses

Final Ideal Brasil Vs Argentina di Copa America 2021

Timnas Argentina akan bertemu Brasil di final Copa America 2021 usai mengalahkan Kolombia lewat adu penalti.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina akhirnya berhasil mengunci satu tiket final tersisa di ajang Copa America 2021. Lionel Messi dan kawan-kawan melaju ke partai puncak setelah berhasil mengalahkan Kolombia lewat adu penalti. 

Bermain di Stadion Estadio Nacional de Brassilia, Rabu (7/7/2021) Argentina sempat unggul lewat gol Lautaro Martinez pada menit ke-7 memanfaatkan umpan matang dari Lionel Messi. Namun keunggulan ini berhasil disamakan oleh timnas Kolombia lewat gol yang dicetak Luiz Diaz pada menit ke-61. 

Skor imbang ini tidak berubah hingga babak perpanjangan waktu. Timnas Argentina baru bernapas lega setelah di babak adu penalti berhasil mengalahkan lawan dengan skor 3-2.

Kemenangan timnas Argentina sukses menciptakan final ideal di Copa America 2021. Sebab pada partai puncak yang akan berlangsung di Maracana, Minggu (11/7/2021) pukul 11.00 WIB, pasukan Lionel Scaloni bakal berhadapan dengan musuh bebuyutan, yakni timnas Brasil. Sementara pada perebutan tempat ketiga bakal mempertemukan timnas Peru dan Kolombia sehari sebelumnya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Brasil Tekuk Peru

Brasil lebih dulu melangkah ke final. Tim Samba mengalahkan Peru dengan skor tipis 1-0 di babak semifinal yang berlangsung di Olympic Stadium, Selasa kemarin (6/7/2021).

Gol tunggal Brasil pada pertandingan ini dicetak oleh Lucas Paqueta pada menit ke-35. 

 

 

3 dari 4 halaman

Final Ideal

Pertemuan Argentina dan Brasil menjadi penutup yang sempurna bagi Copa America 2021. Persaingan diprediksi bakal berlangsung sengit mengingat kedua negara punya akar sepak bola yang kuat. 

Pertarungan kedua negara selalu berjalan panas, bahkan saat kedua tim bertemu di laga persahabatan. ESPN bahkan pernah menempatkan duel Brasil Vs Argentina di urutan teratas daftar rivalitas terpanas antarnegara.

Baik Argentina maupun Brasil memiliki sederet bintang kelas dunia. Argentina boleh berbangga dengan kehebatan mendiang Diego Maradona, sementara Brasil juga punya legenda hidup sekelas Pele. Kedua pemain ini merupakan ikon sepak bola dunia dan memiliki penggemar di seluruh penjuru bumi. 

Di era sekarang, Argentina punya Lionel Messi yang telah memenangkan 6 gelar Ballon d'Or. Sementara Brasil populer dengan Neymar, striker lincah yang pernah jadi pemain termahal dunia. 

Di atas kertas, Brasil bangga dengan lima trofi Piala Dunia (1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002). Sementara Argentina hingga saat ini baru mengantongi dua gelar yang sama, yakni 1978 dan 1986.

   

 

 

4 dari 4 halaman

Brasil di Atas Angin

Sementara itu, Brasil dan Argentina tercatat sudah 107 kali bertemu. Brasil berada di atas angin setelah merebut kemenangan lebih banyak, yakni pada 41 laga.

Pada pertemuan terakhir di semifinal Copa America 2019 lalu, timnas Brasil sukses mengalahkan Argentina dengan skor 2-0. Sementara pada laga sebelumnya pada tahun 2007 di Venezuela, Tim Samba juga berhasil menekuk Argentina dengan skor 3-0. 

Javier Zanetti merupakan pemain yang paling sering tampil dalam duel yang dijuluki Battle of the Americas tersebut, yakni 16 pertandingan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.