Sukses

Squad Euro 2020, Timnas Italia Lebih Energik

Timnas Italia bakal tampil di Euro 2020 / 2021 atau Piala Eropa 2020 / 2021 dengan kekuatan yang minim pemain bintang.

Liputan6.com, Jakarta Squad Timnas Italia minim pemain bintang pada Euro 2020 / 2021 atau Piala Eropa 2020 / 2021. Kali ini, talenta-talenta mudah berbakat bakal menjadi senjata utama tim berjuluk Gli Azzurri tersebut.

Pemain-pemain senior seperti dua bek andalan Juventus, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci bukan lagi jadi tumpuan tapi lebih kepada mentor yang bisa menularkan pengalamannya kepada juniornya.

Seperti diketahui, setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018, FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) langsung memberhentikan allenatore Gian Piero Ventura dan menunjuk Roberto Mancini sebagai penggantinya.

Di bawah kendali Mancini, Italia mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Eks juru taktik Manchester City mulai meninggalkan skema pertahanan grendel atau cattenaccio yang identik dengan permainan khas Italia sejak dulu. Dengan berkembangnya perubahan taktik sepakbola modern, Mancini merubah gaya main tim asuhannya menjadi lebih atraktif lewat operan dari kaki ke kaki. 

Seperti apa kekuatan squad timnas Italia pada Euro 2020 / 2021 ? Simak ulasannya di bawah ini. 

Lini Belakang

Lini belakang tim yang diarsiteki Roberto Mancini itu masih dikomandoi oleh dua pemain kawakan yang sudah terbukti kualitasnya yakni Chiellini dan Bonnuci. Di sektor penjaga gawang bakal diisi oleh Gianluigi Donnarumma yang memiliki torehan clean sheet paling banyak di Serie A musim ini. Tak lupa ada bek muda Inter Milan, Alessandro Bastoni yang bakal jadi pelapis sepadan di posisi bek.

Lini Tengah

Pemain yang baru dinobatkan sebagai gelandang terbaik Serie A musim ini, Nicolo Barella bakal menjadi andalan Gli Azzuri di lini tengah. Pemain andalan Inter Milan itu memiliki energi tinggi serta teknik olah bola yang mumpuni. Tak hanya itu, Barella juga tipe pemain yang bisa mencari ruang. 

Ya, Mancini memang selalu memanfaatkan dua gelandang yang bisa bergantian berperan sebagai playmaker, ditambah pemain 23 tahun yang bisa bermain keduanya atau box to box.

Kehadiran Jorginho di lini tengah juga dapat meringankan beban Barella melalui kreasi umpan yang akurat untuk lini depan. Tanpa kedua pemain itu, kolektivitas permainan Italia bakal sulit terjalin.

Dan, jangan lupakan nama Marco Verratti, Manuel Locatelli yang ada di bangku cadangan.

Lini Depan

Bomber Lazio Ciro Immobile bakal tetap menjadi andalan di sektor penyerangan. Torehan golnya yang luar biasa di liga dalam beberapa musim terakhir membuat Mancini tetap mempercayai sebagai ujung tombak Gli Azzuri. Disokong Lorenzo Insigne di sisi kiri dan Winger eksplosif Juventus, Federico Chiesa.

Perjalanan Italia di Piala Eropa 2020 sendiri akan dimulai pada 12 Juni 2021 dengan menghadapi Turki. Selain dengan Turki, Italia sendiri bakal berada di Grup A bersama Swiss dan Wales.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Squad

Penjaga Gawang: Alessio Cragno (Cagliari), Gianluigi Donnarumma (Milan), Alex Meret (Napoli), Salvatore Sirigu (Torino)

Bek: Francesco Acerbi (Lazio), Alessandro Bastoni (Inter), Cristiano Biraghi (Fiorentina), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Alessandro Florenzi (Paris), Gianluca Mancini (Roma) , Leonardo Spinazzola (Roma), Rafael Toloi (Atalanta)

Gelandang: Nicolò Barella (Inter), Gaetano Castrovilli (Fiorentina), Bryan Cristante (Roma), Manuel Locatelli (Sassuolo), Lorenzo Pellegrini (Roma), Matteo Pessina (Atalanta), Stefano Sensi (Inter), Marco Verratti (Paris)

Penyerang: Andrea Belotti (Torino), Domenico Berardi (Sassuolo), Federico Bernardeschi (Juventus), Federico Chiesa (Juventus), Vincenzo Grifo (Freiburg), Ciro Immobile (Lazio), Lorenzo Insigne (Napoli), Moise Kean (Paris), Matteo Politano (Napoli), Giacomo Raspadori (Sassuolo)

 

3 dari 3 halaman

Grup A

Sementara itu, Italia berada di Grup A bersama Turki, Wales, dan Swiss. Pada pertandingan pertama, Italia akan berhadapan dengan Turki di Stadio Olimpico, Roma, 11 Juni 2021. 

Jadwal Italia di Grup A

11 Juni 2021: Turki Vs Italia

16 Juni 2021 : Italia Vs Swiss

20 Juni 2021: Italia Vs Wales

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.