Sukses

European Super League Diluncurkan, Ini 12 Klub yang Pasti Ikutan

Sudah diumumkan daftar 12 klub yang akan ikutan European Super League. Ada MU, Real Madrid, Juventus dan Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah klub besar Eropa menggagas kompetisi baru European Super League atau Liga Super Eropa. Kompetisi ini rencananya akan diikuti oleh 20 klub Eropa. Sejauh ini baru 12 tim yang sudah pasti akan ikutan.

Rencana digelarnya European Super League sudah mengemukan sejak beberapa bulan terakhir. Klub-klub besar Eropa diam-diam menggodok rencana besar ini.

Pada Minggu (18/4/2021), European Super League akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi. Daftar peserta awal diungkap ke publik.

Tak tanggung-tanggung pesertanya merupakan klub-klub sepak bola terbaik di benua Eropa. Mereka adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Ke-12 klub ini bakal menjadi peserta tetap European Super League. Pasalnya mereka tergabung dalam Founding Clubs atau klub pendiri.

 

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total 15 Founding Clubs

Nantinya akan ada 15 klub yang secara tetap berkompetisi di European Super League. Tiga klub lagi yang masuk daftar Founding Clubs belum diketahui identitasnya. Diduga Bayern Munchen dan Paris Saint Germain juga akan ikutan.

Sejauh ini klub Jerman dan Prancis memang belum bisa bergabung. Sedangkan lima klub peserta lainnya tidak tetap, dan bisa berganti setiap musimnya. Kelima klub ini semacam undangan yang lolos berdasarkan pencapaian mereka pada musim sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Tandingan

European Super League ini bakal menjadi kompetisi tandingan Liga Champions. Klub-klub kaya Eropa ini dikabarkan kecewa dengan uang yang didapat dari Liga Champions sehingga membuat kompetisi tandingan.

Di European Super League, klub peserta bakal mendapatkan uang yang besar. Di awal-awal saja, klub pendiri akan menerima 3,5 miliar euro guna mengatasi masalah keuangan di masa pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Eropa