Sukses

Dipaksa Mundur dari All England, Tim Indonesia Pulang Sesuai Rencana Usai Dites Negatif Covid-19

Seluruh anggota tim Indonesia dites swab PCR dan hasilnya semua negatif Covid-19. Tim Indonesia bisa pulang dari All England sesuai rencana yaitu hari ini,Minggu (21/3/2021).

Liputan6.com, Jakarta Tim Indonesia yang diusir secara paksa dari All England 2021 dipastikan pulang hari ini, Minggu (21/3/2021). Kepastian ini didapatkan setelah seluruh anggota tim dites negatif Covid-19.

Hasil Swab PCR Skuad Indonesia di Birmingham menyatakan seluruh tim negatif Covid-19. Sebelumnya proses Swab dilakukan oleh dokter PP PBSI, dr. Octaviani.

Sedangkan tes kit didapat dari pihak KBRI yang langsung diantarkan oleh Dubes RI di London, pada Jumat (19/3/2021) sore lalu.

Dengan hasil ini, kepulangan tim Indonesia dapat sesuai rencana. Tim Indonesia bakal menggunakan Turkish Airlines TK1972 dari London ke Istanbul.

Setelah transit selama dua jam, penerbangan dilanjutkan dengan TK56 tujuan Istanbul ke Jakarta, dan tiba di Indonesia, Senin (22/3) pukul 18.00 WIB.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibantu KBRI

 

Tim Indonesia sebelumnya dipastikan tidak harus menjalani isolasi seperti yang diinstruksikan pihak NHS (National Health Service) hingga 23 Maret mendatang.

Menurut Ricky, selain membantu kepulangan tim Indonesia, pihak KBRI juga memfasilitasi tes kit untuk swab secara mandiri, yang nantinya dibawa oleh KBRI ke laboratorium di Birmingham untuk dites PCR. Proses swab dilakukan oleh dokter PP PBSI.

"Hal ini dapat terjadi karena adanya koordinasi yang baik antara PBSI dengan KBRI, Kemenlu dan Kemenpora. Bahkan musibah ini telah mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo," kata Ricky.

 

3 dari 3 halaman

Kecewa

 

Dia mengatakan meski kecewa berat karena dipaksa mundur di All England 2021, tapi kondisi tim Indonesia bisa menerima kondisi ini dengan tegar.

"Hari ini kami semua akan melakukan Swab PCR untuk syarat kepulangan kami nanti, yang juga alat tes kit-nya diberikan oleh KBRI. Ini semua sudah mendapatkan izin baik dari NHS, maupun panitia All England,” tutur Ricky saat ditemui di Crowne Plaza Hotel Birmingham City Centre, Jumat (19/3/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.