Sukses

Bela Striker MU Edinson Cavani, Asosiasi Pemain Uruguay Tuding FA Diskriminatif

Asosiasi pemain Uruguay (AFU) menuntut FA untuk membatalkan hukuman kepada penyerang MU Edinson Cavani.

Liputan6.com, Man Striker Manchester United atau MU Edinson Cavani dihukum Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Pemain asal Uruguay tersebut dilarang bermain dalam tiga laga dan didenda 100 ribu pound atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Tak hanya itu, Cavani  yang direkrut MU pada musim panas 2020 juga harus menjalani pelatihan pendidikan sebagai sanksi tambahan. Hukuman itu dijatuhkan setelah Cavani membalas ucapan selamat temannya dengan menulis negrito di akun Instagram pribadinya.

Dalam bahasa Inggris, negrito diartikan secara langsung sebagai hitam. Istilah yang membuat FA sudah menilai Cavani berlakus rasialisme.

Cavani dan MU sejauh ini belum mempermasalah keputusan FA. Tapi, Asosiasi Pesepak Bola Uruguay AFU mengecam keputusan FA.

 

Saksikan Video Edinson Cavani di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FA dituding rasialisme

Di Uruguay, banyak yang mengklaim negrito merupakan bahasa gaul yang artinya penuh kasih sayang dan sama sekali tidak rasis atau menyinggung. Karena itu, AUF dan AFU menuding FA juga bertindak rasialisme.

"Jauh dari mengutuk rasisme, FA Inggris sendiri telah melakukan tindakan diskriminatif terhadap budaya dan cara hidup masyarakat Uruguay," bunyi pernyataan AFU seperti dikutip Ace Football.

 

3 dari 4 halaman

Didukung Pemain Uruguay

Menariknya, beberapa pemain Uruguay memposting pernyataan tersebut. Lucas Torreira yang bermain untuk Arsenal dan tengah dipinjamkan ke Atletico Madrid menjadi yang pertama melakukannya.

Pernyataan tersebut juga diunggah oleh bek Inter Milan Diego Godin di akun Twitternya.

 

4 dari 4 halaman

Sudah Satu Laga

Cavani sudah menjalani satu dari tiga larangan bermain. Yang kedua akan berlangsung saat MU akan menghadapi Manchester City di Piala Liga, Rabu, 5 Januari.

Tampaknya mantan pemain PSG itu tidak mungkin tiba-tiba bisa bermain. Tetapi, akan menjadi kabar baik bagi Manajer MU Solskjaer jika dia memiliki penyerang berusia 33 tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Edinson Cavani adalah seorang pesepak bola asal Uruguay.
    Edinson Roberto Cavani Gómez adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Uruguay yang sekarang bermain di klub La Liga Valencia CF.

    Edinson Cavani

  • FA

  • Berita Bola