Sukses

Sudah Saatnya Ada Wanita Jadi Pelatih Utama di NBA

Becky Hammon diyakini bisa menjadi wanita pertama yang jadi pelatih kepala tetap di NBA.

Liputan6.com, Jakarta- Sejarah baru tercipta pada Rabu (31/12/2020) waktu Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya ada wanita yang menjadi pelatih kepala sebuah tim NBA. Becky Hammon menjadi sosok wanita bersejarah itu.

Hammon mendadak menjadi pelatih kepala San Antonio Spurs pada laga NBA melawan Los Angeles Lakers. Hammon sebenarnya merupakan asisten pelatih. Dia naik pangkat setelah pelatih utama Gregg Popovich di usir wasit di tengah pertandingan.

Sebelumnya Hammon juga tercatat sebagai wanita pertama yang menjadi asisten pelatih penuh. Hammon kemudian dipromosikan sebagai asisten pelatih utama Popovich. Otomatis jika Popovich berhalangan maka Spurs akan dipegang oleh Hammon.

Pada debut pertamanya sebagai pelatih kepala, Hammon memang gagal membawa Spurs mengalahkan Lakers, yang merupakan juara bertahan NBA. Namun pujian terus mengalir untuk wanita 42 tahun itu.

Popovich bahkan menilai Hammon sudah sepantasnya direkrut sebagai pelatih kepala tim NBA. Hammon diyakini bisa mengatasi tekanan walau harus melatih para pemain pria.

“Dia seseorang yang sangat terampil dan dapat dengan mudah memenuhi tugas kepelatihan kepala di NBA,” kata Popovich.

“Tak perlu dikatakan lagi. Ada wanita dalam setiap usaha lain di dunia, apakah itu pemerintahan, sains, teknologi, penerbangan, tidak peduli apa itu. Wanita melakukan pekerjaan yang sama dengan baik dan bahkan lebih baik dari pria. Itu fakta."

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan

Para pemain Spurs seperti DeMar DeRozan , Patty Mills dan Dejounte Murray juga memuji Hammon. Mereka tak merasa canggung dilatih oleh wanita.

Laga Spurs melawan Lakers bisa menjadi pembuka jalan bagi Hammon menjadi wanita pertama yang ditunjuk sebagai pelatih kepala tetap klub NBA. Indiana Pacers sempat dikabarkan melirik Hammon sebagai pelatih kepala.

3 dari 3 halaman

Jejak

Menimba ilmu langsung dari Popovich juga dapat melapangkan jalan Hammon mengukir sejarah baru. Cukup banyak asisten pelatih Popovich yang kini dipercaya menjadi pelatih utama.

Ada tiga murid Popovich yang pernah menjadi pelatih utama di NBA yakni Mike Budenholzer, Mike Brown dan Brett Brown. Nama pertama saat ini masih menukangi Milwaukee Bucks.

Dii masa mudanya, Hammon memang dikenal sebagai salah satu pebasket wanita top di Amerika Serikat. Dia lama malang melintang di WNBA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.