Sukses

Man City vs Liverpool: Klopp Disarankan Gunakan Roberto Firmino Ketimbang Diogo Jota

Liputan6.com, Liverpool - Eks pemain Liverpool, John Barnes menyarankan pelatih Jurgen Klopp untuk memainkan Roberto Firmino kontra Manchester City, Minggu (8/11/2020). Ia menilai Firmino dapat tampil apik ketika melawan tim dengan penguasaan bola tinggi.

“Man City tidak akan memberikan penguasaan bola kepada tim lawan dengan mudah. Oleh karena itu, sosok Firmino sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tim. Dia memiliki penguasaan bola yang bagus dan bisa membantu pertahanan,” ujarnya seperti dilansir Metro.

Lebih lanjut, Barnes mengungkap Firmino belum tergantikan ketika The Reds menghadapi klub besar. Meski penyerang anyar Liverpool Diogo Jota berhasil tampil impresif di beberapa laga sebelumnya.

“Jota mencetak hat-trick kontra Atalanta, tetapi tiga gol tersebut tidak otomatis membuatnya masuk ke dalam starting line up kontra Man City,” paparnya.

Menurutnya, Jota lebih cocok dimainkan ketika Liverpool menghadapi tim dengan permainan terbuka. Sebab, Jota mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya melawan tim tersebut.

2 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Dibalik suksesnya Sadio Mane dan Mohamed Salah mencetak banyak gol, Barnes mengaku terdapat peran besar Firmino di sana. Ia pintar membuka ruang untuk rekan satu timnya mencetak angka.

“Seorang striker tidak hanya dinilai dari jumlah golnya saja, tetapi kontribusinya terhadap tim juga patut diperhitungkan. Dengan gaya permainan Firmino, Salah dan Mane dapat mencetak banyak gol di berbagai ajang,” tuturnya.

3 dari 4 halaman

Menyesuaikan Lawan Tanding

Barnes mengungkap The Reds memiliki kedalaman skuat yang cukup mumpuni. Liverpool memiliki pemain dengan tipe yang beragam sehingga Klopp memiliki banyak pilihan.

“Saya pikir Klopp menyesuaikan starting line up berdasarkan lawan yang dihadapi. Apabila pemain itu tidak sesuai, dia akan mengistirahatkannya,” paparnya.

 

Penulis 

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini