Sukses

Setahun Jokowi-Ma'ruf Amin: PBSI Harapkan Perhatian ke Dunia Olahraga Konsisten

Seperti diketahui, Jokowi terpilih kembali menjadi presiden pada 20 Oktober 2019 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PBSI, Achmad Budiharto memaklumi jika perhatian pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin teralihkan untuk menangani pandemi virus corona covid-19. Hal itu dikatakannya menanggapi satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang jatuh hari ini.

"Kita ketahui dengan pandemi banyak hal yang menjadi prioritas lebih dibanding olahraga. Itu satu hal yang wajar," kata Budiharto saat dihubungi Liputan6.com

Seperti diketahui, Jokowi terpilih kembali menjadi presiden pada 20 Oktober 2019 tahun lalu. Usai berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden untuk periode kedua.

Pada periode keduanya, Jokowi sempat mewacanakan pembangunan pusat pelatihan di sejumlah daerah. Pembangunan itu diperuntukkan untuk cabang yang dipertandingkan di Olimpiade.

Budiharto menambahkan, Jokowi di awal periode keduanya menaruh perhatian cukup besar terhadap olahraga terutama bulutangkis. Maklum saja, bulutangkis menjadi salah satu dari lima cabang prioritas untuk olimpiade.

Selain bulutangkis, ada sepak bola, angkat besi, panahan, panjat tebing, dan tinju. "Kebetulan PBSI mendapatkan prioritas lebih karena kita salah satu cabang yang diharapkan mendapat medali," kata Budiharto.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsistensi

Lebih lanjut, Budiharto berharap pemerintahan Jokowi bisa konsisten memperhatian cabang-cabang olahraga. Bukan hanya cabang untuk prestasi, Budiharto juga berharap ada perhatian bagi cabang olahraga massa.

"Yang penting konsistensi beliau terhadap olahraga, baik yang massal maupun prestasi bisa diteruskan terutama bagi cabang level internasional," katanya mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Catatan Peristiwa Olahraga di Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin

24 Oktober 2019

  • Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021

30 November 2019 - 11 Desember 2019

  • Indonesia menempati peringkat ke-4 SEA Games 2019 dengan total 267 medali (72 emas, 84 perak, 111 perunggu). Filipina keluar sebagai juara umum

14-19 Januari 2020 (Beberapa pebulutangkis keluar sebagai juara di Indonesia Masters 2020)

  • Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting
  • Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
  • Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu

11-16 Februari 2020 (Regu Putra Indonesia juara di Kejuaraan Beregu Asia)

  • Tim Putra Indonesia: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto

11-15 Maret 2020 (Ganda campuran juara di All England 2020)

  • Ganda Campuran: Praveen Jordan Melati Daeva Oktavianti

25- 27 Agustus 2020

  • Esports diakui sebagai cabang olahraga prestasi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.